Mengenal Crab Mentality dan Tanda-tandanya
Foto: Entrepreneur

Mengenal Crab Mentality dan Tanda-tandanya

Sabtu, 30 Mei 2020 | 18:30 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Crab mentality atau kepribadian kepiting didasari dari perilaku kepiting yang suka iri ketika rekannya memiliki pencapaian yang lebih baik darinya. Hal tersebut terlihat apabila saat sejumlah kepiting dimasukan ke dalam sebuah baskom, maka saat terdapat kepiting yang hendak keluar, maka kepiting lainnya akan berusaha untuk menariknya kembali.

Orang dengan tipe seperti ini banyak ditemui di dunia nyata ataupun dunia maya. Bahkan mungkin sebenarnya diri kita sendiri juga memiliki kepribadian seperti ini. Untuk bisa memastikannya, berikut ini beberapa tanda dari crab mentality.

Menganggap diri sendiri paling baik

Memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi memang merupakan sesuatu yang baik. Akan tetapi, jika rasa percaya tersebut mengubah pola pikirmu dan menganggap bahwa dirimu adalah yang paling baik daripada orang lain, maka sebaiknya kamu mencoba untuk mengubah mindset tersebut.

Sering menyalahkan orang lain

Setiap orang pasti pernah membuat salah dan itu adalah sesuatu yang wajar. Namun, bagi orang-orang yang memiliki crab mentality, mereka tidak mau hal tersebut terjadi dan lebih memilih untuk menyalahkan orang lain atas kesalahan yang terjadi.

Senang membicarakan kesalahan orang

Saat ada orang yang tengah mengalami masalah, seseorang dengan crab mentality akan lebih senang membicarakan kesalahan orang tersebut. Padahal, mereka bisa membantu mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah itu.

Tidak mau bekerja sama

Saat berada dalam sebuah kelompok, orang dengan kepribadian ini akan memilih untuk bekerja sendiri dan tidak mau membaginya dengan orang lain. Pasalnya, mereka tetap menganggap orang lain sebagai lawan, meskipun berada di dalam grup yang sama.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...