Mengenal Herd Immunity dan Hubungannya dengan COVID-19
ilustrasi

Mengenal Herd Immunity dan Hubungannya dengan COVID-19

Kamis, 26 Mar 2020 | 14:15 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Pandemi COVID-19 telah membuat banyak orang bertanya-tanya kapan dan bagaimana wabah dapat mereda. Penelitian terus dilakukan dan terus berkembang, segala cara dan kemungkinan mulai disuarakan. Belakangan Inggris dan Belanda membunyikan soal kemungkinan herd immunity (kekebalan kelompok) dalam melawan COVID-19.

Apa itu herd immunity dan apakah itu diperlukan dalam penanganan COVID-19? Berikut ulasannya. 

Usul herd immunity (kekebalan kelompok) untuk penanganan COVID-19

image0

Sir Patrick Vallance, kepala ilmiah pemerintah Inggris mengatakan membuka pilihan untuk membentuk herd immunity. Membiarkan hingga 60 persen dari populasinya terinfeksi COVID-19 dan membentuk herd immunity di kalangan usia muda. 

Pada Jumat (13/3), kepala penasihat medis dan urusan sains pemerintah Inggris, Sir Patrick Vallance, mengatakan di BBC Radio 4 bahwa salah satu hal utama yang perlu kita lakukan adalah membangun semacam kekebalan kawanan.

“Sehingga lebih banyak orang kebal terhadap penyakit ini dan kami mengurangi perpindahan,” ujarnya.

Selain Inggris, Belanda juga menyuarakan hal serupa. Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengatakan lockdown tidak menjadi salah satu pilihan mereka. Rutte menyebut akan mencari cara lain salah satunya yang masuk ke dalam pilihannya adalah “penyaluran terkontrol dalam kelompok yang memiliki risiko paling rendah.”

Usul tersebut lalu memunculkan banyak komentar dan kritik dari para ahli.

Dua hari kemudian Matt Hancock, Sekretaris Negara untuk Perawatan Kesehatan dan Sosial Inggris, menyangkal hal usulan tersebut. Ia mengatakan bahwa “kekebalan kelompok adalah cara lain yang alami dari suatu epidemi”.

“Kami akan mendengarkan semua ilmuwan yang kredibel dan kita akan melihat semua buktinya,” katanya. “Herd immunity bukan tujuan atau kebijakan kami, ini adalah konsep ilmiah.”

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...