Mengenal Lebih Dekat dengan Lempuyang serta Manfaatnya Bagi Kesehatan
ilustrasi

Mengenal Lebih Dekat dengan Lempuyang serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jumat, 14 Jun 2019 | 21:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Masyarakat Indonesia tentu sudah tak asing lagi dengan jamu dari jahe, kunyit, daun sirih, sereh, temulawak, dan lainnya yang sudah dikenal sejak dulu untuk kesehatan. Faktanya, ada satu lagi tanaman obat berkhasiat yang juga sering diiolah menjadi jamu tapi jarang diketahui orang, yaitu lempuyang

Tak kalah dengan rempah lainnya, lempuyang juga menyimpan potensi manfaat kesehatan, lho!

Apa itu lempuyang?

Lempuyang atau dikenal juga dengan sebutan puyang adalah jenis rempah dari keluarga Zingiberaceae.

Lempuyang memiliki tiga vareitas, yaitu lempuyang emprit atau pahit (Zingiber amaricanus BI), lempuyang wangi (Zingiber aromaticum Val), dan lempuyang gajah (Zingiber zerumber Sm). Ketiganya dapat dibedakan dari segi tampilannya.

Tanaman lempuyang emprit dan lempuyang gajah terlihat serupa. Bedanya, lempuyang gajah berukuran lebih besar sementara lempuyang wangi mirip seperti jahe. Itu kenapa lempuyang wangi juga sering disebut sebagai wild ginger alias jahe liar.

Secara umum, baik rimpang emprit, wangi, dan gajah semuanya punya khasiat yang dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit. Selain dimanfaatkan sebagai obat tradisional, rempah ini juga bisa digunakan untuk bumbu masak dan juga tanaman hias.

Nutrisi dalam lempuyang

Seskuiterpen, monoterpen, dan senyawa fenolik adalah sejumlah senyawa utama yang terkandung di dalam lempuyang.

Lempuyang juga dilaporkan mengandung beberapa senyawa bioaktif metabolites lain yang meliputi folifenol, alkaloids, dan terpenes. Selain itu, rempah ini juga mengandung komponen seperti hemulene, caryophyllene, zingiberene, dan zerumbone yang didapatkan dari minyak esensialnya.

Berdasarkan berbagai refernesi ilmiah, lempuyang gajah adalah salah satu tanaman herbal dengan potensi manfaat pengobatan yang tinggi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...