Mengenal Lebih Dekat yang Dimaksud dengan PCOS
ilustrasi

Mengenal Lebih Dekat yang Dimaksud dengan PCOS

Minggu, 4 Agt 2019 | 13:45 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah gangguan kesuburan yang rentan terjadi pada wanita berusia subur. Kondisi ini menyebabkan hormon dalam tubuh wanita tidak seimbang karena faktor yang tidak diketahui. Gejala khas PCOS adalah haid yang tidak teratur, meningkatnya kadar hormon pria (androgen), dan kemunculan banyak kista pada ovarium. Berikut pilihan pengobatan yang paling umum direkomendasikan untuk pengidap PCOS.

Cara mendiagnosis sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sebelum menentukan pengobatan PCOS yang terbaik untuk Anda, dokter akan lebih dulu menanyakan riwayat kesehatan Anda. Pertanyaannya dapat meliputi perubahan berat badan dan siklus haid selama ini.

Pemeriksaan fisik kemudian meliputi cek pertumbuhan rambut di tempat yang tidak seharusnya, jerawat berlebihan, dan resistensi insulin. Pertumbuhan bulu halus di tubuh serta kemunculan jerawat pada pengidap PCOS disebabkan karena meningkatnya hormon androgen.

Jika gejala yang muncul dicurigai sebagai tanda PCOS, dokter akan melanjutkan dengan pemeriksaan panggul, tes darah, dan ultrasound untuk memastikan diagnosis

Bila perlu, Anda juga akan menjalani skrining gejala depresi dan kecemasan, skrining gejala sleep apnea obstruktif, serta pemeriksaan tekanan darah, toleransi glukosa, kadar kolesterol, dan kadar trigliserida secara berkala.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...