Mengenal Lebih Jauh tentang Hemoglobin yang Ada Dalam Tubuh Manusia
ilustrasi

Mengenal Lebih Jauh tentang Hemoglobin yang Ada Dalam Tubuh Manusia

Senin, 15 Jul 2019 | 07:45 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Darah adalah komponen penting dalam tubuh Anda. Ada sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), plasma darah, dan fragmen darah (trombosit). Dalam sel darah merah terdapat hemoglobin (Hb). Sebenarnya, apa apa itu hemoglobin dan fungsinya di dalam tubuh?

Apa itu hemoglobin (Hb)?

Hemoglobin adalah protein yang ada di dalam sel darah merah. Protein inilah yang memberikan warna merah pada darah. Strukturnya terdiri dari empat rantai. Setiap rantainya mengandung senyawa yang disebut heme, yang mengandung zat besi.

Selain pemberi warna, Hb juga berperan dalam pembentukan sel darah merah alias eritrosit yang berbentuk bulat dengan bagian tengahnya lebih pipih (lihat gambar di atas). Tujuan dari pembentukan eritrosit adalah mempermudah sel darah bergerak dalam pembuluh darah.

Tidak hanya itu, protein darah ini juga berfungsi untuk mengikat dan mengangkut oksigen dari kapiler (pembuluh darah kecil) di paru ke semua jaringan di dalam tubuh. Setiap proteinnya dapat mengangkut empat molekul oksigen yang berperan untuk regenerasi sel.

Selain itu, protein dalam darah ini juga berperan dalam mengangkut karbon dioksida dari jaringan tubuh kembali ke paru.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...