Mengenal Makanan Lintas Benua yang Menyehatkan

Mengenal Makanan Lintas Benua yang Menyehatkan

Jumat, 29 Jan 2016 | 17:25 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Makan yang benar tidak berarti harus menu yang sama untuk semua orang. Dietary Guidelines 2015 menyebutkan, pola makan sehat bisa diadaptasi dan disesuaikan dengan sosio-kultural masing-masing individu dan pilihan personal.

Jadi, selain makanan tradisional khas Indonesia, Anda juga bisa icip-icip makanan dari negara-negara lain. Panduan dasarnya: setengah dari piring Anda terdiri dari sayur dan buah. Sisanya, protein seperti daging sapi rendah lemak, dada ayam tanpa kulit, makanan laut, dan sumber karbohidrat dari biji-bijian atau kacang-kacangan.

Contoh makanan sehat dari berbagai negara di dunia adalah:

1. Cina

Ayam tumis dengan sayur bokcoy, kacang polong atau kacang merah, wortel, tauge, beras merah dan penutup buah leci.

2. Italia

Minestrone, sup sayur kuah tomat dan pasta. Di dalamnya terdapat kacang merah sebagai sumber folat, serat dan protein gnocchi (semacam kulit pangsit dari terigu atau kentang) dengan potongan sayur bayam dimasukkan ke dalam saus tomat sumber likopen.

3. Yunani

Saus Tzatziki (terbuat dari yogurt rendah lemak,bawang putih dan mentimun). Nikmati bersama sandwich pita atau sebagai cocolan sayur. Lengkapi dengan Dolmas (terbuat dari daun anggur, daging cincang, paprika, terong dan labu, beras, buah kering dan kacang pinus).

4. Meksiko

Jicama (sejenis keripik dari akar sayur-sayuran, rasanya manis dan renyah). Akar dibersihkan, potong tipis lalu sajikan bersama salad dengan vinaigrette lemon. Atau potong kecil dan nikmati bersama saus salsa dan gazpacho (sup tomat dan sayur dingin dengan bahan utama bayam atau mentimun mentah).

Dilansir dari laman kompas 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...