Mengenal Night Terrors: Mimpi Buruk yang Paling Buruk

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Mengenal Night Terrors: Mimpi Buruk yang Paling Buruk Ilustrasi: Cleveland Clinic Health Essentials
Winnetnews.com - Pernahkah kamu tidur sambil mengingau dan berteriak keras? Beberapa orang di dunia ini mungkin perah mengalaminya. Dalam kasus yang ekstem, beberapa orang mungkin bisa meronta, menjerit, dan menangis dengan mata terbuka. Mereka melakukan hal-hal aneh tersebut dalam tidur.

Luapan emosi dalam tidur tersebut dikenal dengan nama night terrors atau sleep terrors. Kondisi ini berbeda dengan mimpi buruk karena orang yang mengalaminya tidak akan ingat kejadian tersebut.

Night terrors adalah episode dimana Anda merasa seperti terbangun, namun tubuh terasa tegang dan terjadi perubahan denyut nadi,” kata Psikolog Courtney Bancroft, dikutip dari Liputan9.

Bancroft mengatakan bahwa kondisi night terrors akan berakhir jika seseorang menata pola tidur secara teratur. “Jenis gangguan ini memiliki aktivasi mimpi yang tidak normal dan cenderung lebih buruk dari mimpi buruk,” kata Joshua Tal, psikolog spesialis gangguan tidur, seperti dikutip dari Today.

Orang-orang yang mengalami gangguan tidur ini tidak akan mengingat apa yang terjadi di dalam mimpinya, namun akan merasakan apa-apa saja yang terjadi pada tubuhnya.

Night terrors sering kali diasosiasikan dengan sleep paralysis. Berbeda dengan night terrors, kondisi ini bisa menyebabkan orang kesulitan bergerak ketika sedang tidur.

“Ini adalah pengalaman yang langka namun bisa terjadi ketika kamu masih dalam kondisi tidur. Otakmu masih ada dalam mode mimpi dan tubuhmu seperti lumpuh," kata psikolog yang menangani masalah kesulitan tidur, Eleanor McGlinchey.

McGlinchey mengatakan bahwa penyebab night terrors adalah adanya waktu tidur yang tidak beres. “Memiliki waktu tidur berbeda dapat memicu dan membuat kondisi ini lebih sering terjadi,” kata McGlinchey.

Selain itu, orang-orang dengan kegelisahan, depresi, Obsessive Compulsive Disorder (OCD) juga dapat mengalami peristiwa night terrors. Ini bisa terjadi karena kamu terlalu stres dan mengalami banyak mendapat kesulitan dengan jadwal tidur.

Apa Reaksi Kamu?