Mengenal Perdarahan Subkonjungtiva, Gejala dan Cara Mengobatinya
ilustrasi

Mengenal Perdarahan Subkonjungtiva, Gejala dan Cara Mengobatinya

Jumat, 31 Jul 2020 | 11:41 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Perdarahan subkonjungtiva adalah bercak merah terang di bagian putih mata akibat pecahnya pembuluh darah di mata. Simak informasi selengkapnya mulai dari definisi, gejala, penyebab, pengobatan, dan lainnya di bawah ini!

Apa Itu Perdarahan Subkonjungtiva?

Perdarahan subkonjungtiva adalah pecahnya pembuluh darah pada mata sehingga menyebabkan bagian putih mata (sklera) menjadi merah, biasanya di satu mata. Konjungtiva adalah membran tipis transparan yang menutupi bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata. Konjungtiva merupakan lapisan pelindung terluar bola mata.

Konjungtiva mengandung saraf dan memiliki banyak pembuluh darah kecil. Pembuluh darah ini biasanya hampir tidak terlihat, tetapi menjadi lebih besar dan lebih terlihat jika mata sedang mengalami peradangan.

Pembuluh darah kecil tersebut agak rapuh dan dindingnya mudah pecah, sehingga terjadi perdarahan subkonjungtiva. Ini ditandai dengan bercak merah terang atau merah tua pada sklera.

Gejala Perdarahan Subkonjungtiva

Gejala utamanya ditandai dengan pembuluh darah pecah pada mata yang menyebabkan bercak merah pada sklera. Kondisi ini jarang disadari penderitanya sampai ia bercermin atau diberi tahu oleh seseorang terhadap kondisi matanya.

Penderita kondisi ini biasanya tidak akan mengalami perubahan penglihatan, mengeluarkan cairan, dan nyeri. Namun, kondisi ini dapat menyebabkan gatal di permukaan mata.

Bercak merah pada putih mata dapat berlangsung lebih dari 24 hingga 48 jam. Kondisinya kemudian perlahan-lahan akan menguning saat mata menyerap darah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...