Mengenal Shirataki, Nasi Ajaib yang Tidak Bakal Buat Kamu Gendut
Foto: Indozone

Mengenal Shirataki, Nasi Ajaib yang Tidak Bakal Buat Kamu Gendut

Sabtu, 26 Okt 2019 | 16:50 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Tanaman shirataki berasal dari Jepang dan bisa diolah menjadi nasi atau mie instan. Tidak hanya disulap menjadi makanan yang enak, jenis nasi ini ternyata sangat dianjurkan untuk orang-orang yang sedang menjalani diet. Namun tahukah kamu apa sebenarnya nasi shirataki ini?

Dikutip dari Wolipop, nasi shirataki sebenarnya berasal dari jenis tanaman iles-iles. Pakar kuliner Bondan Winarno menyebut jika iles-iles adalah sejenis umbi atau sayuran yang biasa ditemui di tengah hutan. Bondan juga pernah bercerita kalau pada masa penjajahan Jpeang, umbi biasanya dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Tanaman ini bisa diolah menjadi bihun dalam sukiyaki dan hampir tidak memiliki kandungan kalori.

Shirataki yang dikonsumsi para pelaku diet tidak hanya muncul dalam bentuk bihun atau mie, namun juga berbentuk butiran beras. Apapun bentuknya, nasi atau mie shirataki ini bisa dibilang makanan ajaib karena sangat rendah kalori.

“Dengan kata lain, jika Anda makan sepiring penuh shirataki, Anda tidak akan gendut,” kata Bondan Winarno, dikutip dari CNN Indonesia.

Dokter ahli gizi dr. Ati Nirwanawati, SKM, MARS membenarkan hal tersebut. Menurutnya, shirataki kaya akan kandungan serat dan memiliki sedikit sekali kalori.

“Shirataki ini asalnya dari umbi gajah yang 100% rasanya hambar. Jenis tanaman ini kandungan seratnya sangat banyak,” kata dr. Ati, dikutip dari Wolipop.

Selain itu, Ati menjelaskan bahwa untuk ukuran mie, shirataki jelas jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis mie lainnya. “Dimana kalau mie basah biasanya mengandung 175 kalori, 4 gram protein, dan 40 gram karbohidrat. Sedangkan kandungan mie kering untuk 50 gram sama kandungan kalorinya,” tambah dr. Ati.

Dalam 100 gram shirataki, menurut penjelasan dr. Ati, hanya mengandung 15 kalori. Lemak yang dikandung shirataki juga terbilang rendah, yaitu hanya sebesar 0,02 gram saja. Sedangkan kandungan karbohidratnya sebesar 3-4 gram dan proteinnya sebesar 19 gram.

“Karena shirataki itu hampir 97% berupa air yang berserat tinggi sehingga bisa buat kenyang,” pungkasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...