Mengenal Sosok Kamala Harris, Cawapres Amerika yang Berdarah India
Sumber foto:CNN

Mengenal Sosok Kamala Harris, Cawapres Amerika yang Berdarah India

Rabu, 12 Agt 2020 | 15:50 | Cindy Cesilia

Winnetnews.com -  Di tengah wabah virus corona yang melanda Amerika, saat ini pemerintah telah membuka pemilihan umum untuk pemimpin baru di negeri maju tersebut.

Dan belum lama ini sosok Kamala Harris jadi calon wakil presiden (cawapres) Amerika Serikat mendampingi Joe Biden membuat Donald Trump terkejut.  Seperti dilansir AFP, Sang Presiden menyebut dirinya sebagai anggota Senat AS 'paling mengerikan'.

Joe Biden menunjukan Senator Kamala Harris sebagai cawapres di Pemilihan Presiden 2020. Terpilihnya wanita 55 tahun ini merupakan komitmennya untuk memilih cawapres wanita. Banyak orang yang penasaran dengan sosok wanita satu ini.

Berasal dari keluarga imigran

Kamala Harris lahir di Oakloand, California, dari ayah-ibu imigran keturunan India dan Jamaika. Setelah orangtuanya bercerai dia dibesarkan sendiri oleh ibunya, Shyamala Gopalan Harris, seorang peneliti kanker dan aktivis hak sipil.

Kamala juga pernah menjabat sebagai Jaksa Agung California ini cukup lekat dengan budaya Hindu dan India karena kerap mengunjungi negara tersebut. 

Wanita Kulit Hitam Pertama di Pilpres

Kamala Harris menjadi wanita kulit hitam pertama yang ikut dalam Pilpres AS. Ia dinilai dapat menarik pemilih wanita, khususnya mereka yang ada di pinggiran Amerika Serikat dan telah menjauh dari Donald Trump. Ia juga dikenal sebagai pendukung gerakan anti rasisme.

Pernah mencalonkan jadi Presiden Amerika

Kamala Harris merupakan sosok yang cukup banyak mendapat sorotan karena pada tahun lalu, dia mencalonkan diri sebagai presiden. Pencalonan itu diikuti dengan respons positif karena kala itu ia dianggap sebagai kandidat kuat dalam Pilpres 2020.


Rival kuat Donald Trump

Pada Selasa, 11 Agustus 2020 presiden Partai Demokrat, Joe Biden mengumumkan bahwa ia menarik Kamala Harris sebagai wakilnya dalam pemilihan presiden mendatang.

Sosoknya disebut-sebut sebagai faktor pendorong kemenangan bagi Joe Biden setelah Amerika Serikat baru menghadapi isu ketidakadilan ras.

Arti nama Kamala

Meskipun dikenal luas dengan nama Kamala Harris, ia memiliki nama lengkap Kamala Devi Harris. Nama depannya, Kamala, memiliki makna yang indah. 

Dalam bahasa Sansekerta, Kamala mengandung arti 'lotus' atau 'bunga teratai'. 

Kamala juga julukan lain untuk Lakshmi, dewi kesejahteraan, keberuntungan dan keindahan dalam agama Hindu.

Sementara Devi dalam bahasa Sansekerta berarti 'dewi', tapi juga merupakan nama Dewi Hindu, yakni ibu dari semua dewi. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...