Mengenal Suku Korowai, Suku Kanibal Bertempat di Indonesia

Mengenal Suku Korowai, Suku Kanibal Bertempat di Indonesia

Kamis, 14 Apr 2016 | 10:24 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetnews.com - Jika kamu berani berkunjung ke sebelah selatan Pulau Papua, terdapat wilayah kekuasaan Suku Korowai, satu – satunya suku kanibal yang masih tersisa di Indonesia hingga saat ini. Keberadaan Suku Korowai, atau terkadang disebut Kolufu,  baru diketahui pada 1970-an. Tapi jangan khawatir, mereka bukannya setiap hari menjadi kanibal. Dalam situs smithsonianmag.com, Raffaele menjelaskan, meski masyarakat Suku Korowai memiliki kebiasaan memakan daging manusia (kanibal), hal itu ternyata tidak dilakukannya setiap saat. “Setiap hari mereka hidup dengan mengonsumsi berbagai macam hasil alam seperti sagu, pisang, palem, dan pakis. Mereka juga memakan daging hewan yang biasa diburu seperti burung kasuari, ular, kadal, rusa, atau babi hutan. Warha Korowai juga memenuhi nutrisinya dengan makan larva kumbang,” kata Raffaele.

Berarti kalian tidak perlu takut, Suku Korowai hanya mengonsumsi daging manusia dengan tidak sembarangan manusia. Berdasarkan kepercayaan yang mereka anut, suku Korowai hanya membunuh manusia yang dianggap melanggar aturan dalam kepercayaan mereka. Salah satunya jika salah seorang warga diketahui sebagai tukang sihir atau khuakhua.

Dari berbagai situs yang kami rangkum, setiap keluarga di Suku Korowai memang memiliki kebun sagu. Mereka juga mengumpulkan sayuran hijau, dan buah-buahan yang semuanya tumbuh di hutan. Babi dan anjing adalah satu-satunya hewan peliharaan. Babi memiliki nilai sosial dan hanya dibunuh saat ritual dan di acara-acara khusus. Anjing digunakan untuk berburu. Untuk memancing, mereka menggunakan busur dan panah. Di masa lalu, buaya juga ditangkap untuk dimakan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...