Mengenal Tanaman Okra yang Efektif Menangkal Radikal Bebas dan Kanker
ilustrasi

Mengenal Tanaman Okra yang Efektif Menangkal Radikal Bebas dan Kanker

Senin, 19 Jul 2021 | 10:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kanker hati muncul akibat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkontrol pada organ hati. Tidak hanya dengan pengobatan medis, beberapa studi juga menyebutkan kanker hati bisa diatasi dengan tanaman okra.

Sayuran tersebut memang dikenal menyehatkan dan tinggi antioksidan. Lantas, bagaimana manfaat tanaman okra sebagai obat kanker hati? Ketahui lebih lanjut berikut ini.

Manfaat Okra untuk Kanker Hati

image0

Kandungan antioksidan okra yang tinggi dianggap efektif menangkal radikal bebas dan sel kanker. Melansir WebMD, okra mengandung antioksidan yang disebut polifenol, serta vitamin A dan C.

Okra juga mengandung protein yang disebut lektin. Protein ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Studi yang menggunakan senyawa terkonsentrasi dari okra menunjukkan adanya efek menghambat pada pertumbuhan sel kanker.

Melihat kandungan dan manfaatnya, apakah tanaman okra bisa membantu mengobati kanker hati?

Dokter Dyah Novita Anggraini menjelaskan, “Tanaman okra memang bisa mengaktifkan sitokin untuk meningkatkan imunitas. Jadi, memang bisa membantu pasien untuk pengobatan kanker hati.”

“Tapi, tanaman okra hanya sebagai terapi suportif, bukan terapi utama. Pengobatan medis masih diprioritaskan,” sambungnya.

Tanaman okra bisa dijadikan terapi suportif dengan mendukung sistem imun. Dengan pengembangan sistem imun yang baik, efek samping pengobatan kanker bisa dikurangi.

Tanaman okra juga memiliki kemampuan dalam mengaktivasi nuclear factor kappa-light-chain-enhancer. Aktivasi ini nantinya akan meningkatkan produksi sitokin yang dibutuhkan untuk sel imun di dalam tubuh penderita kanker.

Peningkatan sistem imun juga nantinya diharapkan bisa menguntungkan pasien kanker dalam upaya mengatasi pertumbuhan sel kanker.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...