Mengenal Tanaman Pokak dan Manfaatnya untuk Kesehatan
ilustrasi

Mengenal Tanaman Pokak dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Selasa, 8 Jun 2021 | 09:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Pokak dikenal sebagai tanaman liar. Mengandung antioksidan, ini manfaat pokak untuk kesehatan

Tanaman pokak banyak tumbuh liar di kebun dan di hutan. Pokak alias terung pipit memiliki daun tunggal, berbentuk bulat telur dengan ujung runcing. 

Buah pokak berwarna hijau dengan bentuk sebesar telur burung gereja. 

Sama dengan jenis terong lainnya, pokak kerap dikonsumsi sebagai lalap. Selain itu, pokak juga digunakan sebagai obat herbal. 

Mengutip dari buku berjudul Mudah Menanam Terung Ungu, buah pokak mengandung vitamin A, torvogenin, chlorogenin, dan sisalogenone.

Berikut manfaat pokak untuk kesehatan 

1. Menangkal radikal bebas 

Buah pokak mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. 

2. Asam urat 

Terung pipit ini baik dikonsumsi untuk Anda penderita asam urat. Sebab, kandungan dalam buah pokak bisa menurunkan asam urat tinggi. 

Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup mengonsumsi buah pokak yang diolah menjadi sayur atau lalap. 

3. Anemia 

Pokak mengandung zat besi yang bisa merangsang produksi sel darah merah. Inilah alasannya pokak baik dikonsumsi untuk penderita anemia. 

4. Asam lambung 

Mengutip dari Surabaya.tribunnews.com, pokak mampu menetralkan asam lambung. Tidak hanya itu, pokak juga bisa mengobati masalah pencernaan lainnya seperti diare dan sakit perut. 

5. Diabetes melitus 

Diabetes melitus alias kencing manis salah satu penyakit yang umum diderita masyarakat. Pokak dipercaya mampu membantu mengobati diabetes melitus. 

6. Darah tinggi 

Kandungan antioksidan dalam pokak bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu konsumsi pokak mampu menurunkan risiko terkena stroke dan penyakit kardiovaskular.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di kesehatan.kontan.co.id dengan judul "6 Manfaat pokak untuk kesehatan: meredakan asam lambung sampai darah tinggi"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...