Mengenal Terapi Air yang Bisa Meredakan Nyeri Sendi
ilustrasi

Mengenal Terapi Air yang Bisa Meredakan Nyeri Sendi

Minggu, 21 Feb 2021 | 13:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Ketika kita mendengar tentang terapi air, yang ada di pikiran kita mungkin akan bermacam-macam, seperti minum atau berendam di air. Ya, air bisa menjadi media untuk program terapi. Namun, Anda bukan meminum airnya, terapi dilakukan dengan cara Anda berada di dalam air. Katanya terapi ini dapat meringankan nyeri punggung bagian bawah dan leher. Hmmm, kedengarannya mengasyikkan ya? Siapa yang tidak suka bermain air, apalagi saat mengetahui manfaat kesehatannya? Tapi, tunggu dulu, terapi air juga tidak bisa sembarang dilakukan. Berikut ini akan kita bahas seperti apa terapi air itu.

Apa itu terapi air?

Terapi air alias latihan di air menggunakan air sebagai media untuk melakukan perlawanan, jadi tubuh kita akan melawan massa air. Anda tentu pernah mendengar atau mempelajari sifat-sifat air, bukan? Salah satunya, air dapat menekan ke segala arah. Pada terapi air, Anda akan melawan tekanan air itu, sama halnya ketika Anda berenang. Bedanya, Anda tidak selalu melakukan gerakan berenang. Latihan yang bisa Anda lakukan adalah berjalan atau berlari di air, selain itu Anda juga boleh melompat atau menendang.

Latihan ini dapat meningkatkan fleksibilitas dan pergerakan Anda tanpa menekan sendi dan tulang belakang. Selain mengurangi rasa nyeri, latihan ini juga diduga dapat mengurangi risiko yang berkaitan dengan kepadatan tulang, seperti osteoporosis. Selain itu, juga dapat mengurangi risiko osteoarthritis dan ketegangan otot.

Tidak hanya itu, bahkan penderita diabetes dan tekanan darah tinggi juga disarankan untuk melakukan terapi air ini. Bagi kita yang tidak merasakan nyeri, terapi air mungkin akan nyaman saja dilakukan. Berbeda dengan beberapa kondisi yang disebutkan barusan, terapi air mungkin akan membuat penderita tidak nyaman, bahkan nyeri. Tapi tenang saja, air merupakan media yang cukup ‘ramah’.

Apa saja manfaat dari terapi air?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, terapi ini sangat direkomendasikan untuk mengatasi nyeri punggung dan cedera muskuloskeletal (yang berhubungan dengan sendi, otot, saraf, ligamen, dan tendon). Beberapa elemen yang penting dari menggunakan air sebagai media terapi , adalah berikut ini:

  • Air dapat membuat pasien mengapung. Air melawan gravitasi, sifat ini dapat membantu kita untuk tetap mengapung di air. Ketika pasien mencoba tetap mengambang di air, maka hal tersebut melatih keseimbangan dan kekuatan tubuhnya, apalagi saat Anda melatih mengangkat kaki sambil mengambang di air.
  • Air memberikan tekanan pada tubuh dengan cara memberikan gesekan yang lembut, hal ini dapat membantu menguatkan kondisi cedera, selain itu mengurangi cedera lanjutan karena kehilangan keseimbangan.
  • Air memberikan efek yang kuat dengan memberikan tekanan hidrostatik, yang dapat meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru. Tekanan tersebut juga dapat membantu meningkatkan aliran darah otot.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...