Mengenal Terapi Baca Buku untuk Kesehatan Jiwa

Rusmanto

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Mengenal Terapi Baca Buku untuk Kesehatan Jiwa
ilustrasi
Winnetnews.com -  Membahas manfaat baca buku memang seakan tak ada habisnya. Selain membuat wawasan bertambah luas, membaca buku juga bisa jadi terapi untuk mengatasi sejumlah masalah psikologis, misalnya gangguan kecemasan, depresi, hingga masalah ketergantungan obat. Terapi baca buku yang unik ini disebut biblioterapi (bibliotherapy).

Biblioterapi memanfaatkan bahan-bahan bacaan yang bisa menambah kualitas hidup Anda. Buku-buku dan cerita yang Anda baca akan menyediakan informasi, dukungan, serta panduan dalam menghadapi peristiwa sehari-hari. Berikut seluk-beluk terapi baca buku dan manfaatnya bagi Anda.

Apa itu biblioterapi (bibliotherapy)?

image0

Terapi psikologis dengan membaca buku melibatkan tiga unsur, yakni klien, terapis, serta buku yang digunakan. Terapis dan klien awalnya bekerja sama mencari masalah yang hendak diatasi, lalu terapis akan ‘meresepkan’ buku yang perlu dibaca klien.

Membaca buku terbukti membantu klien dalam memahami masalah yang dihadapinya. Kegiatan ini juga meningkatkan fungsi terapi lain yang diberikan oleh terapis, serta membantu mengarahkan klien menuju perubahan yang positif.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...