Mengetahui Sederet Manfaat Konsumsi Jamur Kuping Hitam untuk Tubuh
Foto: The Kitchen

Mengetahui Sederet Manfaat Konsumsi Jamur Kuping Hitam untuk Tubuh

Jumat, 1 Mei 2020 | 13:25 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Jamur kuping sering kali kita jumpai dalam beragam olahan makanan sehari-hari, salah satunya yakni capcay. Jamur ini sebenarnya terdiri dari dua jenis, yakni jamur kuping merah (Auricularia Auricula) dan jamur kuping hitam (Auricularia Polytricha).

Jamur kuping hitam diketahui memiliki beragam manfaat bagi tubuh manusia. Hal tersebut dikarenakan jamur kuping hitam mempunyai kandungan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin B9 dan vitamin C. Tak hanya itu, terdapat juga kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, hingga zinc.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini sederet manfaat jamur kuping hitam.

Menjaga kesehatan usus

Jamur kuping hitam merupakan sumber prebiotik yang sangat baik, sehingga bisa menjaga kesehatan usus kita. Jamur ini kaya akan serat yang dapat memberi makan bakteri baik dalam usus. Sehingga usus dapat terbantu untuk menghasilkan nutrisi guna meningkatkan kesehatan sistem pencernan dan menjaga usus agar selalu dalam kondisi sehat.

Mencegah pembekuan darah

Jamur jenis ini dapat pula bekerja sebagai anti-koagulan atau pengencer darah dan menghambat pembekuan. Jamur kuping hitam juga dikenal memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga bisa mencegah penyakit anemia. Selain itu, terepnoid yang ada dalam jamur juga mampu membantu penderita alergi dengan mencegah aktivasi antigen.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...