(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Menghindari Serangan Heat Stroke

Liani
Liani

Menghindari Serangan Heat Stroke

Anda harus menyadari gejala-gejala dari sengatan panas ini, biasanya, tanda pertama Anda akan merasa kelelahan, kram dengan posisi tubuh yang kepanasan.

Sering dengar tentang heat stroke atau over heat? Ya, musim panas atau suhu yang naik drastis jangan pernah Anda sepelekan.

Banyak orang yang mengabaikan tanda-tanda heat stroke, padahal itu bisa mengancam jiwa Anda. Untuk mencegah Anda terserang heat stroke, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

1. Jangan keluar di siang hari

Puncak sinar matahari itu pukul 10.00 sampai 14.00 WIB. Pada rentang waktu tersebut, usahakan Anda tidak keluar ruangan dan menghindari aktivitas fisik di luar ruangan. Karena pada jam-jam tersebut, kebanyakan orang gampang terserang heat stroke.

2. Gunakan sunscreen

Kulit Anda itu adalah pertahanan utama tubuh Anda. Yang mana kalau terkena sinar matahari bisa langsung terbakar. Menggunakan tabir surya pada kulit yang sering terkena matahari itu wajib Anda lakukan. Sebab, tidak hanya melindungi Anda dari sengatan panas yang mungkin saja merugikan Anda, tabir surya juga menghalau kulit cepat menua.

3. Hindari pakaian gelap

Pakaian yang ketat bisa meningkatkan suhu tubuh Anda dan membuat Anda lebih banyak berkeringat. Apalagi jika ditambah Anda menggunakan baju berwarna gelap, maka panas di tubuh Anda akan bertahan semakin lama. Apabila Anda ingin keluar di siang hari, pastikan Anda memakai pakaian longgar dan berwarna terang untuk mengurangi jumlah keringat.

4. Minum air

Ingat, sebelum Anda meninggalkan rumah, jangan lupa untuk meminum air putih terlebih dulu yang cukup. Karena dengan begini, tubuh Anda akan terlindungi dari efek panas yang menyengat di siang hari.

5. Mandi

Bila merasa kepanasan bergegaslah mandi. Hal ini akan mendinginkan Anda dengan segera. Tapi, jangan mandi dengan air dingin karena bisa membuat suhu dan sirkulasi darah menurun drastis, itu tidak baik. Dan ada lagi yang harus Anda perhatikan, sebelum mandi, pastikan Anda sudah tidak berkeringat. Keringkan badan Anda, baru mandi.

6. Jangan konsumsi makanan lemak

Butuh banyak energi untuk mencerna lemak. Anda juga akan mudah lelah jika banyak makan makanan berlemak. Ini akan menambah heat stroke Anda semakin parah. Tidak ada salahnya memakan buah-buahan dan sayur-sayuran sebelum Anda memutuskan berjemur di pantai atau beraktivitas di bawah terik matahari.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});