Menghirup Aroma Ini Sama Seperti Menghirup 20 Batang Rokok
Sumber foto : Istimewa

Menghirup Aroma Ini Sama Seperti Menghirup 20 Batang Rokok

Sabtu, 20 Okt 2018 | 15:35 | Oky

Winnetnews.com - Menggunakan semprotan pembersih sehari-hari dapat membahayakan paru-paru wanita, dan efeknya sama dengan merokok 20 batang rokok sehari

Kesimpulan ini merupakan hasil penelitian dari University of Bergen, Norwegia. Dalam studinya, peneliti menilai paru-paru dari 6.235 wanita dan pria di 22 pusat, dan kemudian memeriksanya lagi selama dua puluh tahun.

Mereka ditanya apakah mereka membersihkan rumah mereka sendiri, atau apakah mereka bekerja sebagai pembersih profesional. Mereka juga ditanya seberapa sering mereka menggunakan produk pembersih cair dan semprotan.

Penelitian tersebut menemukan bahwa wanita yang membersihkan (entah di sekitar rumah hanya seminggu sekali atau sebagai pembersih profesional) mengalami penurunan kapasitas paru-paru yang cenderung cepat.

Penurunan fungsi paru pada kedua kelompok itu sebanding dengan merokok 20 batang rokok selama 10-20 tahun.

Untuk itu, peneliti memperingatkan bahwa rutinitas membersihkan bagi wanita "mungkin merupakan risiko terhadap kesehatan pernafasan".

Mengejutkannya, tidak ada efek yang ditemukan pada paru-paru pria yang melakukan pembersihan - baik secara profesional, atau yang hanya melakukan bersih-bersih sebagai bagian dari pekerjaan rumah tangga.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...