Mengobati Sariawan yang Cepat dan Ampuh
ilustrasi

Mengobati Sariawan yang Cepat dan Ampuh

Jumat, 21 Jun 2019 | 18:41 | Rusmanto
Winnetnews.com - Sariawan atau stomatitis adalah istilah yang digunakan saat kondisi mulut mengalami peradangan. Dampak peradangan ini tentunya dapat menghambat aktivitas seseorang untuk makan, berbicara dan tidur. Ada banyak pilihan cara mengobati sariawan dengan obat sariawan tradisional, tergantung area yang mengalami sariawan. Sariawan dapat terjadi di seluruh bagian mulut, seperti pipi, gusi, lidah, bibir, dan langit-langit mulut. Berikut ini akan dijelaskan berbagai macam cara menyembuhkan sariawan.

Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati sariawan dengan perawatan yang dapat Anda lakukan di rumah, termasuk penggunaan beberapa obat-obatan.

1. Kumur dengan air garam

Cara menyembuhkan sariawan juga bisa menggunakan bnahan alami, seperti larutan garam, ini untuk membantu penyembuhan. Walaupun sedikit terasa tidak nyaman, berkumur dengan air garam dapat mempercepat penutupan jaringan luka.

2. Obat kumur antiseptik

Cara menghilangkan sariawan yang mudah Anda lakukan adalah dengan obat kumur antiseptik. Obat kumur antimikroba membantu membunuh bakteri, virus atau jamur yang dapat menginfeksi sariawan sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan.

Chlorhexidine glukonat adalah obat kumur yang dipercaya sebagai cara mengobati sariawan yang paling sering diresepkan, meskipun ada pula yang berbentuk gel dan semprotan. Chlorhexidine glukonat biasanya digunakan dua kali sehari.

3. Menjaga kebersihan gigi dengan sikat lembut

Ada berbagai macam jenis bakteri yang tinggal di dalam mulut kita. Bakteri ini berpotensi untuk menyebabkan infeksi pada sariawan, sehingga menyebabkan sariawan tersebut sulit sembuh.

Oleh karena itu, kebersihan gigi dan mulut harus tetap dijaga saat sariawan. Namun menjaga kebersihan mulut dan gigi harus hati-hati agar tidak membuat trauma atau perlukaan yang semakin parah pada sariawan. Gunakanlah sikat gigi yang lembut untuk membersihkan gigi dan lidah anda.

4. Minum suplemen vitamin B-12

Salah satu gejala defisiensi atau kurangnya vitamin B12 adalah glositis atau peradangan pada lidah, dan munculnya sariawan. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan Vitamin B12 anda tercukupi.

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin B-12 dalam waktu sebulan dapat mengurangi jumlah rasa sakit dari sariawan dan jumlah benjolan putih di mulut.

5. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka. Konsumsi buah-buahan yang mengandung tinggi Vitamin C seperti kiwi, jeruk, lemon, stroberi dapat mempercepat sembuhnya sariawan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...