Mengonsumsi Kulit Pisang Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan
Ilustrasi: Fox Business

Mengonsumsi Kulit Pisang Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan

Sabtu, 28 Des 2019 | 19:00 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Pisang bisa dikatakan sebagai salah satu buah super. Selain menjadi primadona bagi orang-orang diet dan para penggiat gaya hidup sehat, pisang ini juga bisa dinikmati dalam bentuk apa saja, baik dimakan secara langsung atau diolah menjadi smoothies atau pancake.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pisang memiliki rasa yang enak dan enzim pencernaan yang baik bagi kesehatan. Sebuah pisang dengan ukuran sedang nyatanya bisa membuat kita tetap kenyang dan menjaga kita dari keinginan untuk negmil makanan tidak sehat.

Dilansir dari Times of India, pisang berfungsi meningkatkan dopamin dalam tubuh, yang bisa membuat tubuh semakin berenergi ketika olahraga. Selain itu, pisang juga bisa melepaskan energi secara perlaham dan menjadi sumber potasium terbaik, memastikan otot, tulang, dan jantung tetap lentur dan dapat berkontraksi selama melakukan aktivitas fisik.

image0
Ilustrasi: JSTOR Daily

Kandungan serat dalam pisang bisa membantu mengatur lemak dalam tubuh, melawan racun, dan mengisi energi untuk bisa menangkal radikal bebas yang ada di dalam.

Cara lain menikmati pisang untuk kesehatan adalah dengan mengonsumsi kulitnya. Bagaimana bisa? Sains membuktikan bahwa kulit pisang bisa mempercepat penurunan berat badan.

Ahli diet asal Australia, Susie Bowell, mengatakan bahwa kulit pisang yang dikonsumsi secara rutin bisa menutrisi tubuh dan mempercepat penuruan berat badan.

Bowell menyebut bahwa memakan kulit pisang dalam bentuk apapun bisa meningkatkan kandungan serat setidaknya 10 persen, 20 persen vitamin B6, vitamin C, potassium, dan magnesium.

Para ahli menyebutkan, warna kulit pisang juga bisa membawa nutrisinya masing-masing. Kulit pisang yang hijau matang bisa memberimu asam amino triptofan yang baik untuk pencernaan. Kulit kuning mengandung beberapa antioksidan yang bisa membantu melawan kanker dan memperkuat imun tubuh, serta menyuplai melatonin yang membantu perbaiki kualitas tidur.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...