(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mengunjungi Pelabuhan Tersibuk di Australia

Rusmanto
Rusmanto

Mengunjungi Pelabuhan Tersibuk di Australia
WinNetNews.com - Port of Townsville , pelabuhan tersibuk di Australia, memiliki lokasi sangat strategis di wilayah Australia bagian Utara. Pelabuhan yang berlokasi di Townsville, Queensland ini dikelilingi oleh pasir putih serta terumbu karang (Great Barrier Reef) dan pulau menawan sehingga menjadi daerah tujuan wisata maritim favorit di Australia.

Port of Townsville ini juga merupakan salah satu pintu ekspor sapi terbesar ke Indonesia. Dalam 1 tahun terakhir, pelabuhan tersibuk di Australia bagian utara ini mengapalkan 177.000 ekor sapi ke Indonesia.

General Manager Trade and Property Port of Townsville, Claudia Brumme-Smith, sempat mengantarkan detikFinance dan rombongan PT Pelindo II (Persero) melihat aktivitas bongkar muat kapal ternak.

Sebuah kapal bernama Girolando Express berbendera Singapura, terparkir di dermaga Port of Townsville. Meski proses pengiriman belum dimulai, Claudia menyebut kapal tersebut mampu menampung 4.000 ekor sapi.

Ternyata kapal tersebut bukan yang terbesar. Port of Townsville juga melayani kapal ternak yang bisa membawa 8.000 ekor sapi sekali jalan ke Indonesia. Selain berukuran raksasa, kapal-kapal ternak dilengkapi mesin pakan otomatis hingga pendingin udara.

Claudia menjelaskan Queensland sendiri memiliki cadangan 7.000.000 ekor sapi. Untuk membawa sapi dari beberapa pusat peternakan di Queensland, ada 2 moda yang bisa dipakai yakni kereta dan truk.

"Kalau pakai truk, sekali jalan bisa bawa 180 ekor dan kereta bisa angkut 500-700 ekor," tambahnya. Selain dikirim ke Indonesia, sapi dari Port of Townsville juga dikapalkan ke Vietnam, China hingga Timur Tengah.

Per tahun, 300.000 ekor sapi hidup diekspor melalui Port of Townsville. Meski demikian, sebanyak 60% dikirim ke Indonesia.

disadur dari detikfinance

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});