Menikmati Keindahan Pulau Tandano Sambil Menyantap Gurihnya Ikan Bakar Khas Manado

Menikmati Keindahan Pulau Tandano Sambil Menyantap Gurihnya Ikan Bakar Khas Manado

Selasa, 5 Apr 2016 | 15:50 | Kontributor
WinNetNews.com - Travelers kali ini kita akan bahas mengenai Danau Tondano yang merupakan ikon pariwisata Kabupaten Minahasa. Tempat wisata ini belum tergarap dengan baik, tapi saat ini, Pemerintah Kabupaten Minahasa perlahan tapi pasti sedang berupaya untuk mempercantik objek wisata yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi ini.

Danau terbesar dan terluas di provinsi Sulawesi Utara harus travelers singgahi bila sedang berlibur di sekitar Manado. Danau Tondano terletak sekitar 3 kilometer dari Tomohon atau 30 kilometer dari pusat kota Manado.

Terletak di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut, Danau Tondano memang identik dengan suasana pegunungan. Tak salah memang, karena danau seluas 4.278 hektar ini berada di tengah-tengah Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Minahasa bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Minahasa, akan memperbaiki fasilitas yang sengaja dirusak oleh tangan orang-orang tak bertanggung jawab. Nantinya untuk memanjakan wisatawan yang berkunjung, akan dibuat pelataran untuk pengunjung dan pentas seni budaya.

Untuk mengunjungi lokasi danau ini sangatlah mudah, karena dilingkari jalan provinsi yang menghubungkan kota Tondano, Kecamatan Tondano Timur, Kecamatan Eris, Kecamatan Kakas, Kecamatan Remboken, dan Kecamatan Tondano Selatan. Danau Tondano sendiri berada di antara dua kabupaten, yakni Tomohon dan Kawangkoa.

image0

 

image1

Jika Anda menuju Tondano dari arah Tomohon, kita akan melewati karamba-karamba ikan di tepian danau, tambak, dan melihat aktivitas nelayan membersihkan eceng gondok, dan restoran-restoran dengan menu khas ikan bakar. Jalan ini juga merupakan akses menuju Bukit Kasih dan terkenal sebagai jalan wisata di antara Tomohon dan Minahasa.

Bila sudah sampai di lokasi, dan senja sudah menghampiri, Anda jangan terburu-buru beranjak dari sana. Nikmati senja disana sambil menyantap ikan bakar dan es kelapa muda, dijamin Anda akan betah berlama-lama disana.

Selain itu, menikmati keindahan danau Tondano juga bisa dari dataran tinggi. Didekat lokasi danau Tondano, terdapat sebuah Desa/Kelurahan yang bernama Urongo.Kelurahan Urongo berada dalam wilayah pemerintahan Kecamatan Tondano Selatan, Kabupaten Minahasa - Sulawesi Utara.

Di Urongo inilah terdapat sebuah dataran tinggi atau masyarakat disini biasa menyebutnya "Puncak Tree House Urongo atau Puncak Rumah Pohon". Dari puncak rumah pohon urongo ini kita bisa menikmati pemandangan alam yang tentu menyehatkan mata serta keindahan danau tondano dari atas ketinggian sekitar 300 meter.

Puncak Tree House Urongo ini di kelola oleh sebuah Komunitas Kepemudaan yang menamakan diri mereka Generasi Muda Pecinta Alam Urongo atau disingkat GEMPA, merekalah yang secara swadaya mengelola Puncak Tree House Urongo ini, mereka juga yang memperkenalkan sekaligus mempromosikan tempat ini kepada orang banyak, baik secara langsung maupun lewat media sosial Instagram, Facebook, Twitter dan lain-lain.

 

Kalau masih kurang, kita juga bisa berkunjung ke pulau Likri. Pulau ini hampir sama dengan Danau Toba di Sumatera Utara yang memiliki Pulau Samosir di tengah-tengahnya, Danau Tondano pun memiliki Pulau Likri. Meski tak sebesar Pulau Samosir, Pulau Likri dianggap sakral oleh warga sekitar. Pulau ini tidak berpenghuni dan dari jauh tampak seperti kumpulan rumput yang mengambang di tengah-tengah birunya perairan Tondano.

Bagaimana kita menuju ke Danau Tondano?

image2

Dari kota Manado, kita bisa naik angkutan umum atau sewa kendaraan menuju Tomohon, kemudian dilanjutkan perjalanan sekitar 20 menit menuju Danau Tondano. Juga terdapat angkutan umum dari Tomohon ke Tondano, menuju arah Minahasa. Di sekitar area danau, pengunjung bisa sewa perahu untuk berkeliling danau dengan tarif sekitar Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu untuk 10 orang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...