Menjamu Chelsea, Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan Porto Untuk Meraih Kemenangan
Porto di Liga Champions 2020/21 © AP Photo

Menjamu Chelsea, Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan Porto Untuk Meraih Kemenangan

Selasa, 6 Apr 2021 | 18:04 | Muchdi

Winnetnews.com -  Porto adalah tim besar dari Portugal. Sementara Chelsea merupakan salah satu kekuatan besar di kompetisi Inggris.

Pada leg pertama, Porto bertindak sebagai tuan rumah. Tim asuhan Sergio Conceicao itu sudah pasti punya tuntutan lebih besar untuk memetik kemenangan agar punya modal bagus di leg kedua saat melakoni laga tandang.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan Porto untuk meraih kemenangan ketika menjamu Chelsea? Berikut lima di antaranya.

- Menyerang Habis-habisan

image0
Penyerang FC Porto Moussa Marega (tengah) berselebrasi usai membobol gawang Juventus pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020-2021 di Stadion do Dragao, 17 Februari 2021. © AFP/MIGUEL RIOPA

Porto harus bermain terbuka demi memperbanyak peluang mencetak gol. Itu artinya, Sergio Oliveira dan kawan-kawan wajib menyerang habis-habisan.

Tidak ada gunanya bermain bertahan, apalagi dengan status sebagai tuan rumah. Berapapun skornya, paling penting bisa menang dulu.

Kebetulan, Porto punya pakem pola permainan yang agresif dalam laga kandang maupun tandang. Contoh nyatanya adalah ketika bersua Juventus pada babak 16 besar lalu.

- Leg 1 Porto Vs Juventus 2-1

- Leg 2 Juventus Vs Porto 3-2

- Mencari Gol Cepat

image1
Sergio Conceicao © AFP

Dalam menyusun skema permainan, ada baiknya Sergio Conceicao menitik beratkan pada bagaimana cara mendapatkan gol cepat. Sebab, kita tahu gol cepat ini bisa memberi arti banyak.

Dengan mendapatkan gol cepat, mental pemain akan bisa tebal. Kepercayaan diri juga menjadi tinggi.

Imbasnya, permainan di lapangan bisa stabil dan tenang. Gol cepat juga dapat membuat lawan tertekan, baik secara permainan maupun tuntutan segera menyamakan kedudukan.

- Mengunci Lini Tengah

image2
Porto di Liga Champions 2020/21 © AP Photo

Ada konsep legendaris dalam sepak bola yaitu kuasai lini tengah jika ingin memenangkan pertandingan. Sebab, lini tersebut merupakan jantung permainan.

Untuk mengalahkan Chelsea, skuad Porto juga harus bisa menguasai lini tengah. Jangan biarkan The Blues dominan di pusat permainan.

Tim pelatih Porto bisa menaruh banyak pemain di lapangan tengah untuk memperbesar peluang menguasai permainan. Jika sudah dominan di lini tengah, harapannya aliran bola menjadi lancar.

- Transisi Cepat

image3
Pepe dan Cristiano Ronaldo berjumpa pada laga Porto vs Juventus di babak 16 Besar Liga Champions 2020/2021 © AP Photo

Taktik sepak bola selalu bicara tentang menyerang dan bertahan. Bagaimana menyerang untuk mendapatkan gol, dan harus bertahan seperti apa agar tidak kebobolan.

Dari dua situasi itu, dipertemukan mata rantai yang bernama transisi permainan. Begitu pula Porto, saat menjamu Chelsea wajib punya transisi permainan yang cepat.

Pepe dan kawan-kawan diharapkan bisa cepat dalam melancarkan serangan dari situasi bertahan. Demikian halnya saat menyerang ke bertahan.

- Penjagaan Satu Lawan Satu

image4
Pemain FC Porto merayakan gol yang dicetak Sergio Oliveira ke gawang Juventus di babak perpanjangan waktu laga leg kedua 16 besar Liga Champions, Rabu (10/3/2021). © AP Photo

Menghadapi Chelsea yang punya kedalaman skuad dan kemampuan individu pemain merata, Porto harus jeli dalam menggelar operasi pertahanan. Memakai konsep bertahan man to man marking bisa jadi pilihan bijak.

Dengan materi pemain yang dimiliki Chelsea, skuad Porto akan lebih efektif menerapkan pertahanan man to man marking, kenapa? Karena untuk meredam kemampuan individu pemain tim asuhan Thomas Tuchel itu

Kita tahu Chelsea punya banyak penyerang dengan kemampuan individu yang komplet. Maka dari itu harus ada penjagaan satu lawan satu yang rapat untuk meredam kemungkinan para penyerang mencetak gol.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di Bola.net dengan judul "5 Hal yang Bisa Dilakukan Porto untuk Kalahkan Chelsea"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...