Menkes Mundur Tak Kuasa Cegah Wabah Corona di Ekuador
Foto: Cubadebate.cu

Menkes Mundur Tak Kuasa Cegah Wabah Corona di Ekuador

Senin, 23 Mar 2020 | 13:23 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Merebaknya virus corona membuat Ekuador kewalahan. Pasalnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Ekuador, Catailna Andramudo sebagai otoritas yang berkewenangan menangani wabah pandemik ini mengundrukan diri, Minggu (22/3).

Mengutip Pikiran-rakyat.com, pernyataan mundur disampaikannya, beberapa jam setelah pemerintah Ekuador mengumumkan jumlah kasus infeksi virus corona atau COVID-19 di negara tersebut melonjak di atas 500 orang.

Pemerintah setempat mengumumkan status darurat, Senin (16/3) dan melarang pengunjung untuk masuk. Bahkan, pembatasan jam malam juga dilakukan bersama dengan sejumlah langkah lainnya untuk membatasi pergerakan dalam negeri, guna menghentikan penyebaran virus.

Pada Minggu (22/3), terdapat 532 kasus dan tujuh kematian akibat COVID-19 yang diumumkan otoritas dalam konferensi pers virtual. Sementara pada Selasa (17/3), Wakil Presiden Ekuador, Otto Sonnenholzner melaporkan ada dua kematian akibat infeksi virus dan 111 kasus positif.

Beberapa jam setelah pengumuman pada hari Sabtu (21/3), sejumlah pejabat mengkonfirmasi pengunduran diri. Seperti Menkes Ekuador mundur tanpa memberikan keterangan lebih lanjut, dan ditunjuk Juan Carlos Zevallos sebagai gantinya. Zevallos merupakan seorang dokter yang telah bekerja di sejumlah universitas.

Menteri Ketanagakerjaan (Menaker) Ekuador juga telah mengundurkan diri, sebagaimana dikatakan dalam pengumuman kepresidenan.

Tenaga kerja di sana, tidak memiliki perlindungan yang memadai untuk merawat pasien yang terinfeksi. Andramuno mengunjungi rumah sakit umum pada hari Jumat (20/3), dan meyakinkan staf bahwa mereka akan diberi persediaan dan peralatan medis yang memadai.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...