Skip to main content

Menkes Nila Imbau Waspada DBD di Musim Hujan

Menkes Nila Imbau Waspada DBD di Musim Hujan
Menkes Nila Imbau Waspada DBD di Musim Hujan

WinNetNews.com-Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F Moeloek mengimbau agar masyarakat mewaspadai adanya penyakit demam berdarah dengue yang rentan terjadi saat musim hujan.

Menkes Nila usai menghadiri acara Seminar Pendidikan Etika Kedokteran dan Penerapan Dalam Layanan Masyarakat, di Padang, Sumatera Barat, Senin (31/10) mengatakan, "musim hujan tahun ini datang lebih cepat, karena itu masyarakat harus waspada pada DBD" . Ia menyebut upaya terbaik guna menghindari penyakit yang belum memiliki obat ini dengan membiasakan hidup bersih, di samping upaya memberantas jentik nyamuk Aedes Aegypti.

"Genangan air hujan harus dibersihkan, jangan sampai ada yang tergenang karena bisa menjadi tempat nyamuk aides bertelur," terangnya. Ia menerangkan bahwa pembersihan tersebut tidak saja di lingkungan tempat tinggal, tapi juga harus dilakukan di sekolah.

"Siswa dan siswi diarahkan untuk gotong-royong membersihkan lingkungan sekolah, serta mempraktikkan perangkap nyamuk sederhana," tambah Nila. Ia melanjutkan, perangkat nyamuk dengan metode tradisional memakai botol, dapat menghambat berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegypti. "Penyakit DBD ini tidak ada obatnya, sehingga pencegahan adalah solusinya," tandasnya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top