Menkes Terawan Klaim Angka Kesembuhan Covid-19 Indonesia di Atas Rata-rata Dunia
Foto: Kompas.com

Menkes Terawan Klaim Angka Kesembuhan Covid-19 Indonesia di Atas Rata-rata Dunia

Selasa, 17 Nov 2020 | 14:30 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengklaim angka kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia lebih tinggi dari rata-rata dunia.

Pernyataan tersebut didasari data Kemenkes per tanggal 6 November 2020, kasus sembuh mencapai 84,2 persen dengan jumlah kasus aktif 12,72 persen. Sementara itu, dia mengatakan rata-rata kasus sembuh global yaitu 69,56 persen.

"Kalau kita bandingkan angka kesembuhan di Indonesia 84,02 persen sedangkan kesembuhan dunia hanya 69,56 persen," kata Terawan dalam rapat bersama Komisi IX DPR, Selasa (17/11).

Terawan kemudian menyampaikan saat ini berbagaik upaya telah dilakukan pemerintah dalam menangani pandemi virus corona (Covid-19 seperti pengetesan, pelacakan, dan penelusuran.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar senantiasa patuh pada protokol kesehatan, yaitu dengan mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

"Berbagai upaya telah ditempuh untuk memerangi penyebaran virus ini dan kita harus terus meningkatkan upaya untuk dapat menghambat dan bahkan menghentikan penularan," ucapnya.

Dari segi obat-obatan untuk penanganan Covid-19, Terawan melanjutkan sudah  didistribusikan ke seluruh dinas kesehatan tingkat provinsi dan 792 rumah sakit rujukan. Ia mengatakan, Kemenkes juga menerapkan relaksasi perizinan agar akses terhadap alat kesehatan makin mudah.

Selain itu, Terawan juga mengungkapkan produsen masker saat ini meningkat hingga 796,15 persen yang dari semula hanya 26 industri menjadi 233 industri.

Kemenkes di sisi lain  juga menjalin kemitraan dengan para pemangku kepentingan untuk pengembangan potensi dalam negeri dalam pemenuhan kebutuhan alat kesehatan lain, seperti rapid test dan ventilator.

"Hasilnya sampai 14 November 2020 terdapat 14 produk rapid test dan 13 produk ventilator produksi dalam negeri," tuturnya,

"Untuk menjamin produk alkes di peredaran telah dilakukan pengawasan post-market yang meliputi inspeksi sarana dan pengujian produk," kata Terawan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...