(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Menkeu : Potensi Tumbuh 4,9-5% Ekonomi RI di Tahun Ini

Muchdi
Muchdi

Menkeu : Potensi Tumbuh 4,9-5% Ekonomi RI di Tahun Ini

Jakarta - Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2015, tertera Bahwa Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini sulit mencapai target 5,7% Namun, pemerintah masih optimistis pertumbuhan ekonomi mencapai 5%.

"‎Kami melihat potensi pertumbuhan ekonomi tahun ini untuk mencapai 4,9-5% itu masih ada," ungkap Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (21/9/2015).

Dorongan terbesar akan datang dari belanja amggaran pemerintah. Per 18 September 2015, realisasi belanja sudah mencapai 60% dari total belanja pemerintah.‎ Sampai akhir tahun ditargetkan realisasi mencapai posisi 95%.

"Belanja yang sudah membaik posisi per kemarin di atas 60% dan secara nominal besarnya belanja pemerintah itu sudah di atas tahun lalu. Secara persentase itu memang lebh kecil, karena memang nilainya lebih besar dibandingkan tahun lalu," paparnya.

Sedangkan untuk tahun depan, Bambang menilai perlu ada penghitungan lebih lanjut terkait kondisi ekonomi terkini. Meskipun dalam nota keuangan yang disampaikan beberapa waktu lalu, target yang disampaikan adalah 5,5%.

"Tahun depan, IMF masih menaruh pertumbuhan ekonomi global sebesar 3,8%, atau lebih tinggi dibandingkan 3,4% tahun lalu, artinya masih ada rasa optimisme secara global. Jadi dengan demikian, maka kami bisa putuskan angka 5,5% itu masih bisa atau bisa menggunakan angka yang lebih rendah," terang Bambang.

Rapat tersebut membahas soal Rancangan APBN 2016. Rapat dihadiri juga oleh Gubernur Bank Indoneesia (BI) Agus Martowarojo, Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin. Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi XI, Fadel Muhammad.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});