Menkominfo Berikan Informasi Lanjutan Terkait <em>WannaCry</em>
ilustrasi

Menkominfo Berikan Informasi Lanjutan Terkait <em>WannaCry</em>

Senin, 15 Mei 2017 | 09:00 | Rusmanto

WinNetNews.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, tak henti-hentinya memberi informasi terkait ancaman Ramsomware WannaCrypt atau dikenal WannaCry.

Bila sebelumnya, pada Minggu (14/5/2017) Menkominfo telah menggelar konferensi pers. Selanjutnya Rudiantara juga memberi tips menghindari serangan WannaCry lewat akun Twitternya @rudiantara_id.

Setelah memutus jaringan dan backup untuk mencegah Ramsomware WannaCry, langkah lebih teknis bisa dilakukan departemen IT, demikian pembukaan tips dari Rudiantara.

"2. Update security pada Windows dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh Microsoft," lanjutnya.

Tak lupa di cuitan berikutnya, pria yang akrab di sapa Chief RA ini turut melampirkan link terkait update Patch Windows tersebut.

"4. Updating sebaiknya dilakukan dengan cara mengambil file patch secara download menggunakan komputer yang bukan berperan vital," sebut pria yang akrab disapa Chief RA ini.

Selanjutnya, ia juga menghimbau kepada para pengguna komputer untuk memperbarui antivirus. Diharapkan antivirus tersebut sudah mampu mengatasi Ransomware WannaCry.

Lalu, nonaktifkan fungsi Server Message Block (SMB) dan jangan mengaktifkan fungsi macros. Kemudian, block port 139, 445, dan 3389.

"8. Perlu diperhatikan: penularan bisa via penyebaran file attachment email dan link ke situs malware bukan hanya jaringan," kata Menkominfo.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...