Menkum HAM: Usulan 1 Juni Jadi Hari Lahir Pancasila

Muchdi

Dipublikasikan 6 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Menkum HAM: Usulan 1 Juni Jadi Hari Lahir Pancasila

WinNetNews.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Hamonangan Laoly sangat mendukung jika pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan juga ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional.

"It's long overdue," ujar Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (30/5/2016).

Dituturkannya, Presiden pertama Soekarno pernah berpidato pada tanggal 1 Juni 1945. Di sini lah konsep dan rumusan awal "Pancasila" pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

"Dalam perkembangannya 22 Juni kemudian Piagam Jakarta kemudian finalnya 18 Agustus 1945 dijadikanlah dalam konstitusi kita. Jadi itu semua dalam satu rangkaian," jelas Yasonna.

Jika nantinya 1 Juni ditetapkan sebagai hari Libur Nasional, Yasonna mendukung bukan tanpa alasan. Menurut dia, ditetapkannya hari pembentukan dasar negara bisa memberi dampak positif kepada anak bangsa bahwa Indonesia memiliki dasar filosofi yang kuat.

"Supaya apa yang kita tetapkan mengingatkan bahwa kita punya ideologi yang mengikat kita sebagai anak-anak bangsa yaitu dasar negara kita Pancasila," tandasnya.

Sumber: Merdeka

Foto: imam buhori

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...