Menkumham sebut Menteri ESDM Archandra miliki paspor AS

Menkumham sebut Menteri ESDM Archandra miliki paspor AS

Senin, 15 Agt 2016 | 16:49 | Rike
WinNetNews.com-Menteri Hukum dan HAM , Yasonna Laoly, akui bahwa Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Archandra Tahar memiliki dua paspor, Amerika Serikat dan Indonesia.

“Memang beliau memiliki paspor dua, paspor warga negara Amerika dan paspor negara Indonesia,” ucap Yasonna kepada wartawan di Jakarta, Senin (15/08). Pernyataan Yasonna ini muncul di tengah kesimpangsiuran kabar status kewarganegaraan Archandra. Sebelumnya, pada Minggu (14/08), Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, menyeutkan bahwa Menteri ESDM Archandra Tahar adalah pemegang paspor Indonesia. Walau begitu, Pratikno tak menjawab rinci ketika ditanya apakah Archandra warga AS atau pernah menjalani proses menjadi warga AS. Begitu juga Archandra. Dia tak secara gamblang mengakui bahwa dirinya memiliki paspor AS atau tidak. "Proses-proses yang di sana, yang berkaitan dengan pertanyaan teman-teman, itu sudah saya kembalikan semua,” jelas Archandra.

Setelah jadi terang bahwa Menteri ESDM Archandra Tahar miliki paspor AS, menurut Pasal 23 Undang-Undang Kewarganegaraan Nomor 12 Tahun 2006, dia praktis kehilangan statusnya sebagai warga negara Indonesia. Hal itu diamini Menkumham Yasonna Laoly. Tapi, menurut dia, seseorang yang kehilangan status sebagai warga negara Indonesia harus melalui formalitas.

“Kehilangan kewarganegaraan itu harus diformalkan melalui keputusan menteri. Saya setiap bulan pasti menandatangani SK (surat keputusan) penghilangan kewarganegaraan Indonesia atau menerima kewarganegaraan orang asing menjadi warga Indonesia. Jadi, secara legal formal belum ada proses pencabutan kewarganegaraan melalui SK menteri hukum dan HAM kepada pak Archandra Tahar, belum ada,” ungkap Yasonna.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...