Menlu Retno Marsudi Langsung ke Myanmar dan Bangladesh Demi Aspirasi Masyarakat Indonesia dan Rohingya

Menlu Retno Marsudi Langsung ke Myanmar  dan Bangladesh Demi Aspirasi Masyarakat Indonesia dan  Rohingya Foto: Tribun

WinNetNews.com - Menteri luar negeri Indonesia dijadwalkan bertemu dengan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi untuk membahas pemberian bantuan kemanusiaan kepada anggota minoritas Rohingya di Myanmar, Senin (4/9). Menlu Indonesia Retno Marsudi langsung bertemu  Aung San Suu Kyi karena banyak sekali pemrotes Indonesia mendesak pemerintah untuk mengambil jalur yang lebih keras.

Puluhan orang Indonesia melakukan demonstrasi di luar kedutaan Myanmar di Jakarta, menyerukan agar terjadi hubungan diplomatik dengan Myanmar karena kekerasan terhadap minoritas Muslim Rohingya.

Badan-badan bantuan memperkirakan bahwa sekitar 90.000 orang Rohingya telah melarikan diri dari Myanmar ke negara tetangga Bangladesh sejak kekerasan meletus di utara negara bagian Rakhine pekan lalu.

"Kami akan membahas secara rinci proposal Indonesia mengenai bagaimana Indonesia dapat memberikan bantuan kemanusiaan ke negara bagian Rakhine," kata Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dalam sebuah pernyataan video dari kota Yangon, Myanmar.

Dia juga dijadwalkan melakukan perjalanan ke Bangladesh untuk mendesak pihak berwenang di sana untuk melindungi pengungsi Rohingya yang melarikan diri.

Sebagai tanda kemarahan masyarakat yang meningkat di Jakarta, sebuah bom molotov dilemparkan ke kedutaan Myanmar, Minggu (3/9), menyebabkan sebuah api kecil.