Menolak Penambangan, Warga Jombang Lakukan Sandera Alat Berat

Menolak Penambangan, Warga Jombang Lakukan Sandera Alat Berat

WinNetNews.com-Aksi warga tolak penambangan galian C di Desa Karangdagangan, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu siang (23/4/2016) nyaris rusuh. Warga hadang dan sandera sebuah alat berat yang hendak kabur tinggalkan lokasi penambangan.

Pada aksinya warga blokade jalan dengan cara duduk-duduk di tengah jalan. Warga pun tanam pohon pisang di sepanjang jalan yang rusak karena dilalui kendaraan pengangkut hasil tambang itu.

Maisaroh salah seorang warga mengatakan, sudah bertahun-tahun jalan di desa mereka rusak parah dan dijanjikan bakal diperbaiki oleh penambang. Tetapi meski telah banyak timbulkan korban jatuh namun sampai kini jalan mereka tidak kunjung diperbaiki.

Sehingga akhirnya mereka memutuskan untuk blokade jalan.Tetapi ketika aksi berlangsung polisi malahan terlibat adu mulut dengan seorang pria yang diduga jadi provokator. Guna mencegah aksi anarkistis polisi segera mengamankan pria yang akui dirinya sebagai wartawan media lokal itu karena dituduh telah provokasi warga.Usai dijanjikan akan dipertemukan dengan pengusaha tambang di hari Selasa mendatang warga akhirnya bersedia lepaskan alat berat yang mereka sandera itu.

Sumber&foto:sindonews.com