Menonton Konser saat New Normal? Ini Syaratnya
Foto: Unsplash/Rachel Lynette French

Menonton Konser saat New Normal? Ini Syaratnya

Senin, 22 Jun 2020 | 08:16 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Pandemi virus corona yang tengah terjadi membuat sejumlah acara yang melibatkan banyak orang, terpaksa harus dibatalkan. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto belum lama ini mengumumkan dan menerbitkan kesehatan di bidang ekonomi kreatif, terkait pencegahan Covid-19.

Peraturan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 terkait Protokol Kesehatan di Tempat dan Fasilitas Umum. Dalam peraturan yang terbit pada Jumat (19/6) tersebut, mengizinkan kegiatan yang bisa mengumpulkan massa namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kegiatan ini berpotensi terjadinya penularan COVID-19 karena mengumpulkan orang dalam waktu dan tempat yang sama. Untuk itu perlu diperlakukan upaya pencegahan penularan COVID-19 dengan penerapan protokol kesehatan,” bunyi pernyataan Keputusan Menteri Kesehatan.

Peraturan ini berlaku untuk segala jenis penyelenggaraan yang mengumpulkan banyak orang, seperti seminar, konferensi nasional ataupun internasional, perjalanan insentif, konferensi dan pameran. Dalam protokol itu juga dicantumkan larangan penyelenggaran event atau konser musik agar para penonton yang hadir untuk tidak berdiri, karena dirasa sulit menerapkan physical distancing.

“Tidak dianjurkan untuk menyelenggarakan event dengan model pengunjung/penonton berdiri (tidak disediakan tempat duduk) seperti kelas festival,” bunyi salah satu poin.

Oleh karena itu, pihak penyelenggara pun diminta untuk menyediakan kursi yang diatur dengan jarak 1 meter antara satu sama lain. Tak hanyak itu, pengunjung yang datang ke event juga harus dipastikan mendapat layanan kebersihan, seperti fasilitas cuci tangan dan imbauan informasi agar disiplin dalam menerapkan protokol.

Penyelemhhara secara berkala juga harus melakukan pembersihan dengan disinfektan di lokasi acara. Pengunjung yang hadir dalam acara-acara tersebut perlu mengisi form self assessment COVID-19 secara daring. Apabila form self assessment tersebut menunjukkan adanya resiko, maka pengunjung pun tidak diperkenankan untuk mengikuti acara.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...