Menpan RB: PNS yang Nekat Mudik Akan Kena Sanksi
Tempo.co

Menpan RB: PNS yang Nekat Mudik Akan Kena Sanksi

Rabu, 8 Apr 2020 | 13:42 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara resmi tidak diperbolehkan mudik pada musim Lebaran 2020 ini. Apabila ditemukan PNS yang nekat mudik akan dikenakan sanksi administrasi. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Dikutip dari Detikcom, sanksi atas larangan tersebut tertuang dalam  Surat Edaran (SE) Menteri PANRB Nomor 41/2020 tentang perubahan atas Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Kegiatan Mudik Bagi Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Surat Edaran tersebut secara tegas melarang kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau kegiatan mudik, pemberian sanksi jika melanggar, dan kewajiban ASN memakai masker.

"Ini dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran serta mengurangi risiko COVID-19 yang disebabkan oleh mobilitas pendudukan dari satu wilayah ke wilayah lainnya," bunyi Surat Edaran yang ditandatangani oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo tersebut.

PNS yang terbukti melanggar akan dikenakan sanksi disiplin sesuai dengan peraturan Pemerintah Nomor 53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, Peraturan Pemerintah No 49/2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja.

ASN yang dalam keadaan terpaksa harus bepergian ke luar daerah wajib mendapat izin dari atasan masing-masing.

Pengawasan dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di masing-masing instansi pemerintah. PPK harus memastikan ASN di lingkungannya menjalankan surat edaran tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...