MenPAN Tjahjo: Tidak Ada Rekrutmen CPNS Selama 2 Tahun
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo. (ANTARA)

MenPAN Tjahjo: Tidak Ada Rekrutmen CPNS Selama 2 Tahun

Selasa, 7 Jul 2020 | 09:00 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo memastikan tidak akan ada penerimaan Pegawai Negeri Sipil dalam dua tahun ke depan yakni periode 2020 dan 2021, kecuali untuk kedinasan terprogram seperti Akpol dan Akmil.

Hal tersebut diungkapkannya dalam  Rapat Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS formasi tahun 2019 yang berlangsung Selasa, (19/5) melalui secara daring.

"Rekrutmen CPNS juga perlu kita data. Dua tahun ini enggak ada. Kecuali kedinasan yang memang sudah terprogram. (Misalnya) Akpol (Akademi Polisi), Akmil (Akademi Militer) yang lain tetap di 2021," kata dia di Gedung DPR, Jakarta, Senin (6/7).

Menurutnya, saat ini fokus pemerintah dalam hal aparatur sipil negara adalah penyederhanaan birokrasi dan percepatan izin. Dengan langkah tersebut, menurut Tjahjo, pemerintah dapat memangkas anggaran besar.

"Tahap ini kami target selesai akhir tahun," jelasnya.

Meski begitu Tjahjo menegaskan pemerintah tetap akan melanjutkan seleksi CPNS tahun 2019, yang terhambat akibat pandemi virus corona.

Pemerintah sebelumnya mengumumkan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Formasi Tahun 2019 diundur dengan perkiraan akan dilanjutkan pada Agustus 2020. Namun, hingga kini belum ada keputusan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengenai tanggal pasti SKB CPNS akan kembali dilanjutkan.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...