Menperin Airlangga Ajak Asosiasi Kembangkan Wirausaha IKM

Rike
Rike

Menperin Airlangga Ajak Asosiasi Kembangkan Wirausaha IKM

WinNetNews.com -Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengajak asosiasi pengusaha untuk menjadi mitra aktif Pemerintah guna mengembangkan wirausaha baru di sektor industri kecil dan menengah (IKM).

Hal ini merupakan upaya strategis dalam meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia. Menperin menyampaikannya setelah acara Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Periode 2016-2021.

“Saya memberikan tantangan kepada HIPPI untuk ikut memfasilitasi tumbuhnya wirausaha baru sebanyak 9.000 hingga tahun 2021 dan mendorong pengembangan ekonomi yang Indonesia centris,” terangnya di Jakarta, Kamis (6/10).

Airlangga menyakini, jika langkah sinergi ini berjalan baik maka bisa mempercepat penumbuhan populasi wirausaha baru industri kecil sebanyak 20.000 dan industri menengah sekitar 4.500 unit dengan rasio penyebaran di Jawa dan luar Jawa 60 : 40. Target tersebut merujuk kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Menperin juga menilai, pentingnya asosiasi usaha dalam pengembangan wirausaha IKM sebab sektor ini memiliki peran besar kepada pertumbuhan industri dan ekonomi nasional.

Apa Reaksi Kamu?