Mensos Khofifah Sebut Penyaluran Dana Bansos Akan Dibuat Berbasis Digital

Mensos Khofifah Sebut Penyaluran Dana Bansos Akan Dibuat Berbasis Digital

WinNetNews.com-Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa sebutkan penyaluran dana bantuan sosial akan memakai layanan keuangan digital untuk hindari penyusutan dana.

"Mulai Juni penyerahan dana bantuan sosial sudah akan memulai menggunakan keuangan digital," terang Khofifah usai berikan bimbingan kepada peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di Pekalongan Jawa Tengah, Sabtu.

Dia jelaskan, penyaluran dana bansos memakai layanan keuangan digital (LKD) bakal dilakukan di sekitar 100 kabupaten/kota di seluruh Indonesia mulai dari Juni 2016. Khofifah menjelaskan, penyerahan dana bansos menggunakan LKD telah dilakukan uji coba sebanyak dua kali. Dari uji coba itu dilakukan survei yang menghasilkan tingkat kepuasan masyarakat di atas 90 persen.

"Sekarang kita sedang adendum dengan PT Pos supaya Juni nanti mulai menggunakan layanan keuangan digital," kata dia.Penyaluran dana bansos PKH lewat LKD pernah diujicobakan di tahun 2014. Sistemnya, penerima dana bantuan akan dapat informasi lewat SMS jika bantuan sudah ditransfer, atau mengecek langsung lewat aplikasi di ponsel. Setelah itu, penerima bisa melakukan transaksi penarikan tunai di agen LKD.

Sumber :antaranews.com

Foto:https://twitter.com/khofifahip