Menstruasi Bisa Didata Smartphone

Menstruasi Bisa Didata Smartphone

Wingamers.com - Kesal karena menstruasi tidak jelas? Kini ada alat pendeteksi menstruasi yang bisa terhubung dengan bluetooh ke smartphone. Seperti dilansir Mashable, mangkuk menstruasi ini sejenis alat pintar yang dimasukkan ke vagina ketika menstruasi.

Lalu volume cairan dan warna dideteksi dan datanya disimpan di smartphone. Alat ini memang belum diproduksi masal namun sedang mencoba menggalang dana. Namanya Looncup dan muncul di Kickstarter. Tak hanya smartphone, alat ini mengklaim bisa mengirimkan data ke Apple Watch.

Mangkuk menstruasi sendiri sudah ada sejak lama dan diproduksi secara komersil. Banyak yang menganggap mangkuk lebih nyaman daripada tampon dan pembalut. Penelitian lain menunjukkan seorang wanita akan membuang 150 kg tampon dan pembalut dalam masa hidupnya sehingga mangkuk seperti ini akan mengurangi pembuangan.

Looncup sendiri memasang target $50 ribu di Kickstarter dan memajang foto mangkuk menstruasi, sensor, baterai dan antena bluetooth. Baterai direncanakan akan tahan enam bulan dan bisa diisi ulang. Harga untuk konsumen sudah diperkirakan $30 dan sedang diteliti di Seoul, Korea Selatan.