Menstruasi Saat Mudik? Ini Tips Agar Miss V Tetap Bersih

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Menstruasi Saat Mudik? Ini Tips Agar Miss V Tetap Bersih Foto: Ilustrasi

Winnetnews.com - Menjelang hari raya Idul Fitri atau Lebaran, banyak orang yang melakukan mudik ke kampung halaman mereka. Mudik sudah menjadi ritual tahunan masyarakat Indonesia setiap menjelang Idulfitri. Segala moda transportasi dipadati pemudik, mulai dari kendaraan pribadi roda dua sampai pesawat terbang dengan tiket mahal sekalipun.

Bagi para wanita yang menjalani mudik mengalami menstruasi atau datang bulan saat menempuh perjalanan panjang pasti memengaruhi kenyamanan. Apalagi di awal fase, cairan yang keluar sedang banyak-banyaknya dan kondisi tubuh jadi kurang fit. Biar tetap sehat dan bersih, berikut ini lima tips agar mudik kamu terasa aman meski sedang menstruasi.

Hindari banyak gerak

Saat perjalanan mudik kita banyak menghabiskan waktu dalam posisi duduk. Jika badan mulai terasa pegal, ada baiknya untuk melakukan peregangan ringan namun tetap dalam posisi duduk. Sebisa mungkin hindari terlalu banyak melakukan gerakan tubuh, apalagi sampai beranjak dari duduk.

Segera ganti pembalut saat ada kesempatan

Jika kamu mudik menggunakan kendaraan umum yang gak dilengkapi toilet nyaman seperti bus atau travel, segeralah mengganti pembalut begitu ada kesempatan. Tak perlu menunggu pembalut penuh, segera ganti dengan yang baru untuk menjaga kebersihan kulit di sekitar organ intim.

Pakai celana atau rok longgar

Mengenakan pembalut dan duduk dalam waktu lama membuat area sekitar organ intim jadi lebih lembap. Agar sirkulasi udara tetap baik, hindari menggunakan celana atau bawahan ketat. Rok longgar adalah pilihan tepat, membuat kulit di sekitar organ intim tetap bisa bernapas. Tapi jika merasa kurang nyaman, kamu bisa memilih celana longgar.

Pastikan miss V bersih dengan benar

Saat mengganti pembalut pastikan vagina sudah dibilas terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. Kemudian keringkan dengan tisu atau handuk kecil sampai kering. Vagina yang lembap rentan ditumbuhi jamur dan menjadi sarang bakteri. 

 

 

Penulis : Cindy Irma Cicilia
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?