Mentan Ingin Indonesia Bisa Kendalikan Harga CPO

Mentan Ingin Indonesia Bisa Kendalikan Harga CPO

WinNetNews.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menginginkan Indonesia harus mampu mengendalikan harga CPO dunia mengingat Indonesia merupakan produsen sawit terbesar di dunia.

Amran mengatakan, sikap Indonesia untuk mengambil alih penentuan harga CPO dunia akan disampaikan secara langsung dalam pertemuan internasional Conference Of Parties (COP21) yang berlangsung di Paris, Prancis 1-10 Desember 2015.

Ia mengatakan, industri sawit merupakan komoditas strategis yang menyumbang devisa besar bagi negara, yaitu sebesar Rp250 triliun pada 2014.

Dia mengatakan, kelapa sawit memiliki peranan penting untuk kesejahteraan masyarakat petani. Sekitar 20 juta orang dapat mengelola lahan sebanyak empat juta hektare. Dukungan terhadap kelapa sawit bukan berarti Kementerian tidak peduli dengan lingkungan. Namun cara pandang yang digunakan harus kesejahteraan manusia, tidak hanya lingkungan.

Ia menambahkan, Indonesia dan Malaysia, juga harus bekerja sama dalam pemenuhan kebutuhan pasar global serta berjuang dalam mengendalikan harga.

disadur dari situs antara