Mentan Tawarkan 4 Negara Investasi di 3 Komoditas

Mentan Tawarkan 4 Negara Investasi di 3 Komoditas

Jumat, 29 Jan 2016 | 14:56 | Muchdi

WinNetNews.com - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menerima kunjungan Duta Besar dari Jepang, Vietnam, Korea Selatan dan Thailand di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Amran mengajak para duta besar meminta negaranya menanamkan investasi di bidang pangan di Indonesia.

Rencananya, pemerintah akan membuka investasi pada tiga sektor pangan, yakni peternakan sapi, pertanian jagung dan gula.‎ "Ada empat duta besar, kami undang mereka. Kami ajak investasi di Indonesia khususnya sapi, jagung dan gula," ujar dia di Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Dia menjelaskan, untuk investasi pada tiga sektor ini, pemerintah telah menyiapkan lahan seluas 2 juta hektar (ha). Rencananya, lahan seluas 1 juta ha akan diperuntukan bagi peternakan sapi, 500 ribu ha untuk pertanian jagung dan 500 ribu ha untuk perkebunan tebu.

 

"Jadi ada kementerian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, serta Kementerian Pertanian, kita sudah tanda tangan kesepakatan untuk sama-sama siapkan lahan 2 juta ha," kata dia.

Lahan tersebut, lanjut Amran, berlokasi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Tenggara, dan Kalimantan.‎ Khusus untuk peternakan sapi, akan difokuskan di NNT dan NTB.

"Kita ada tim, wakil ketuanya dari sini (Kementerian Pertanian). Kita persiapkan lahan di Sulawesi Tenggara, di Kalimantan kalau tidak salah di Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah," tandasnya.

sumber dari Liputan6, Jakarta

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...