Menteri Agama Keliling Maktab Untuk Pastikan Jemaah Haji Dapatkan Layanan Memadai

Menteri Agama Keliling Maktab Untuk Pastikan Jemaah Haji Dapatkan Layanan Memadai istimewa

WinNetNews.com - Kemaren, Rabu (30/8), jemaah haji Indonesia bergeser dari Mekah ke Arafah untuk bersiap mengikuti puncak haji. Malam-malam, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengecek untuk memastikan jemaah sudah sampai tenda di Arafah dan mendapatkan layanan memadai.

Rombongan Menag tiba di Maktab 23 sekitar pukul 21.20 Waktu Arab Saudi (WAS), Rabu (30/8/2017). Maktab adalah unit organisasi yang menaungi sejumlah pemondokan. Biasanya satu maktab menaungi 3-4 ribu jemaah. Di Maktab 23, Menag berbincang dengan jemaah embarkasi Palembang.

"Belum semua datang Pak. Sebagian masih dalam perjalanan," tutur seorang jemaah saat disambangi Menag Lukman yang didampingi Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Kepala Daerah Kerja Bandara Arsyad Hidayat, dan lain-lain.

Kemudian Menag dan rombongan bergeser ke tenda lain. Saat disambangi, jemaah riuh rendah. Ada yang berebut berjabat tangan, ada yang ingin selfie. 

Setelah hampir 15 menit berkeliling, rombongan menuju Maktab 7. Di sana, Menag bertemu jemaah asal Jawa Barat. Di salah satu tenda, jemaah mengeluh tendanya panas. Menag sempat mengecek AC dan memang alat itu belum berfungsi dengan baik.

Usai kunjungan ke tenda, Menag mengatakan, berdasarkan pengecekan secara random, jemaah mulai masuk Arafah sejak sore. Karena faktor lalu lintas yang padat, ada yang hanya butuh waktu sejam dari Mekah ke Arafah. Ada juga yang 2-3 jam.

"Tapi tidak ada yang di atas 4 jam. Pukul 10 malam, sebagian besar sudah berada di tenda. Semoga tengah malam ini, tidak ada jemaah yang tertinggal di Mekah. Saat ini, petugas sedang menyisir berbagai sudut Mekah," jelas Lukman.

Lukman menambahkan sebagian jemaah Indonesia berada di Mina malam ini. Mereka adalah jemaah yang melaksanakan amalan sunah tarwiyah. "Semoga mereka selamat dan tepat waktu mengikuti wukuf besok siang," kata Lukman.

Selain tenda, Lukman mengaku telah mengecek Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Alat-alat sudah terpasang dan tim medis siap menangani jemaah.

Wukuf di Padang Arafah digelar usai Zuhur, Kamis (31/8) besok. Jemaah dari berbagai negara berkumpul di padang terbuka: menanggalkan kehidupan duniawi, memenuhi panggilan Allah, berzikir, dan memohon ampunan. (detikcom)