Menteri Desa Eko: Desa Tak Hanya Butuh Uang Tapi Manajemen SDM
Menteri Desa Eko Putro Sandjojo

Menteri Desa Eko: Desa Tak Hanya Butuh Uang Tapi Manajemen SDM

Senin, 10 Okt 2016 | 16:58 | Rike

WinNetNews.com - Indonesia memiliki 74.754 desa dengan potensi yang luar biasa. Bila masyarakat dapat secara maksimal memanfaatkan potensi desa yang ada, maka diyankini desa-desa di Indonesia mampu mempercepat akselerasi pembangunan nasional.

Menteri Desa, PDTT Eko Putro Sandjojo saat mengunjungi desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Senin (10/10) menyampaikan hal tersebut.Menteri Eko juga menegaskan bahwa 74.754 Desa di Indonesia tidak hanya membutuhkan uang, tapi managemen Sumber Daya Manusia (SDM) pun penting dimiliki masyarakat guna mengelola potensi yang ada.

"Desa persoalannya tidak hanya uang, tapi juga managemen SDM. Coba kita bayangkan kalau 74 ribu desa bisa membangun BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) maka setiap desa bisa memiliki penghasilan untuk mensejahterakan masyarakatnya," jelas Eko.

Jika BUMDES di Indonesia sudah cukup banyak, tambah Eko, maka diperlukan sinergi antar kementerian dan sejumlah perusahaan untuk membesarkan BUMDES. "Kalau dana desa 25% digunakan untuk peningkatan ekonomi dan BUMDES sudah banyak. Maka perusahaan seperti Indofood, Unilever akan mencari kita," terang Eko.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...