Menteri Marwan Jafar Sebut Dana Desa Jangan Digunakan Untuk Beli Kendaraan Dinas

Menteri Marwan Jafar Sebut Dana Desa Jangan Digunakan Untuk Beli Kendaraan Dinas

WinNetNews.com-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar minta supaya dana desa digunakan secara tepat.

Ia tekankan, ada tiga hal yang jadi skala prioritas desa."Dana desa jangan dipakai untuk beli kendaraan dinas maupun perbaikan kantor desa," ungkap Marwan, ketika mengisi seminar, di Kampus Universitas Udayana, Jimbaran, Badung, Rabu (4/5/2016).Tiga hal penting yang perlu jadi skala prioritas penggunaan dana desa yaitu untuk pembangunan infrastruktur, pengembangan sarana prasarana kesehatan, pendidikan, dan pengembangan kapasitas ekonomi lokal.

Pembangunan infrastuktur,sebut Marwan, harus yang padat karya dengan melibatkan pekerja asal desa yang bersangkutan dan memakai sumber daya alam yang tersedia. Adapun, pengembangan sarana kesehatan dan pendidikan bisa digunakan untuk kegiatan posyandu, poliklinik desa serta pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD). Sementara, untuk pengembangan kapasitas ekonomi lokal digunakan di antaranya untuk, mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), koperasi desa ataupun pengembangan sektor perkebunan, peternakan serta pertanian. Marwan sampaikan bahwa desa simpan potensi yang sangat besar untuk dikembangkan.

Dia mengingatkan kepala desa bahwa pembangunan di desa perlu dilakukan secara terencana yakni berdasarkan analisis atau kajian yang menyeluruh terhadap segenap potensi (kekuatan dan peluang) dan permasalahan (kelemahan dan hambatan ) yang dihadapi oleh desa.

Sumber&foto:kompas.com