Menteri Muhadjir Masih Akan Mengkaji Sistem Full Day School

Menteri Muhadjir Masih Akan Mengkaji Sistem Full Day School

Selasa, 9 Agt 2016 | 08:27 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan mengkaji lebih dalam tentang peraturan Full Day School. Termasuk mengkaji masukan dari masyarakat.

"Kami akan mengkaji masukan-masukan dari masyarakat," katanya dalam keterangan resminya, Senin, 8 Agustus 2016.

Salah satunya mengkaji tentang kondisi sosial dan geografis yang memungkinkan penerapan full day school. "Misalnya, di daerah mana saja yang orangtuanya sibuk, sehingga tidak punya banyak waktu di rumah," ujarnya.

Muhadjir menjelaskan, sistem belajar full day school tidak berarti peserta didik belajar seharian penuh di sekolah. Melalui penerapan sistem itu ingin dipastikan bahwa peserta didik dapat mengikuti kegiatan penenaman pendidikan karakter, seperti kegiatan ekstrakurikuler. Karena itu, menurut dia, pembelajaran formal bisa diterapkan sampai setengah hari.

Ia juga menambahkan, jika siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, maka mereka terhindar dari pengaruh negatif dan kontra produktif, seperti penyalahgunaan narkoba dan tawuran.

Pihak orangtua juga merasa aman jika anak mereka di bawah bimbingan guru, selama mereka berada di tempat kerja.

Namun tetap, peran orangtua sangat penting. Selalu jaga komunikasi dengan anak, terlebih lagi saat waktu libur seperti Sabtu mupun Minggu.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...