Menteri PUPR Ungkap Penyebab Banjir Karawang: Volume Air Lebihi Kapasitas Tanggul Citarum
Banjir di Karawang. (Foto: ANTARA/Ali Khumaini)

Menteri PUPR Ungkap Penyebab Banjir Karawang: Volume Air Lebihi Kapasitas Tanggul Citarum

Selasa, 23 Feb 2021 | 14:30 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut volume air yang masuk ke tanggul Sungai Citarum yang melebihi batas menjadi penyebab banjir yang merendam 34 desa di 15 kecamatan di Karawang.

Lebih lanjut, Basuki mengatakan tak hanya tanggul Sungai Citarum yang jebol, melainkan juga sejumlah tanggul irigasi. Hal tersebut kemudian membuat banjir di Karawang semakin meluas.

"Kita lihat tadi ada beberapa tanggul-tanggul yang jebol. Bukan hanya tanggul sungai, tapi juga tanggul-tanggul saluran irigasi. Itu muka airnya sudah rata semua," ungkap Basuki sesaat setelah mendampingi Menko PMK Muhadjir Effendy melihat dari udara dampak banjir Karawang, Senin (22/2).

Ia menjelaskan, ketika hukan lebar terjadi berhari-hari pada pekan lalu,  volume air yang masuk ke Sungai Citarum melampaui kapasitasnya. Kondisinya makin parah lantaran aliran Sungai Cibeet masuk ke tanggul Sungai Citarum di wilayah Karawang.

"Ini karena apa? Karena hilirnya Bendungan Jatiluhur, hilirnya Bendungan Jatiluhur ada anak Sungai Citarum. Namanya Sungai Cibeet. Debit yang masuk ke Citarum sekarang 900 meter kubik pernah detik. Jadi, walaupun dari Jatiluhur dikurangi outflow-nya karena hanya untuk menggerakan listrik, tapi bergabung dengan Cibeet menjadi 1.300 meter kubik perdetik. Daya tampungnya, kapasitasnya 1.100 meter kubik perdetik. Sehingga itu memang meluap," ungkapnya.

Sebelumnya, hujan lebat saat akhir pekan yang mengguyur wilayah Jawa Barat membuat kawasan Karawang dan Bekasi terendam banjir parah. Bahkan, sebanyak 34 Desa di 15 Kecamatan yang ada di Karawang terendam banjir parah.

"Ini sudah bergerak peralatan dari balai besar Citarum untuk segera diatasi. Menutup. Jadi kalau sudah ada tenda-tenda biru, sudah mulai bekerja untuk menutup (tanggul jebol) itu," ungkapnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...