Menteri Rini Klaim BUMN Juga Bisa Beli Saham Freeport dan Newmont

Menteri Rini Klaim BUMN Juga Bisa Beli Saham Freeport dan Newmont

WinNetNews.com- Rini Soemarno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengklaim, perusahaan pelat merah pun bisa membeli saham yang dilepas (divestasi) PTFreeport Indonesia dan PT Newmont Nusa Tenggara (NNT). BUMN yang ditunjuk beli saham divestasi ‎Freeport adalah PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), dan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) disarankan beli Newmont.

Rini bantah, holdingisasi dilakukan supaya BUMN miliki keuangan yang lebih kuat dalam membeli saham dua raksasa tambang itu. Karena, baik Inalum maupun Antam masih sanggup membeli saham divestasi tersebut tanpa holding."‎Kalau untuk jumlah yang tidak terlalu besar, maksud saya kalau bicarakan 10,64% dari Freeport itu tidak dilakukan holdingisasi, bisa. Maksudnya, Inalum sendiri masih bisa, kalau kita bicarakan mengenai Newmont, tambang sendiri masih bisa. Tetapi kalau kita mau beli lebih besar lagi, itu mungkin akan sulit," terangnya saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Jakarta, Jumat (15/4/2016).

Rini akui tertarik untuk BUMN bisa membeli saham Newmont karena melihat potensi tambang emas yang dimiliki raksasa tambang asal Amerika Serikat (AS) itu sangat besar. Untuk itu, dirinya sudah minta para deputinya untuk melihat potensi BUMN masuk dan membeli saham Newmont.

"Tapi kami mengatakan kepada teman-teman, kalau memang jumlahnya cukup besar, tidak ada salah-nya BUMN berpartner dengan swasta. Jadi, kemungkinan ini masih dililhat. Saya minta dari Deputi maupun Direksi dari pertambangan kita untuk melihat. Dalam hal ini Pak Harry Sampoerna untuk melihat kemungkinan ini," tutup dia.

Sumber:sindonews.com

Foto: http://finance.detik.com