Menteri Susi Cerita Kapal Asing 'Menjarah' Solar dan Curi Ikan

Menteri Susi Cerita Kapal Asing 'Menjarah' Solar dan Curi Ikan

Selasa, 2 Feb 2016 | 10:29 | Rusmanto
WinNetNews.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti marah. Dia menyebut, ada ribuan kapal asing yang memakai solar dari Indonesia untuk mencuri ikan-ikan dari Indonesia. Akibatnya, nelayan jadi sengsara dan anak-anaknya kurang gizi.

Dijelaskan Susi, dari 2003-2013 jumlah rumah tangga nelayan turun dari 1.6 jutaan menjadi tinggal 800 ribuan. Eksportir hasil laut 103 perusahaan tutup.

"Hasil survey anak2 indonesia dr kurun waktu yg sama 39% kerdil/ kecil. Berarti 1 dr 3 anak yg lahir kuntet. Protein tidak cukup untk mereka," cuit Susi lewat akun Twitter resminya @susipudjiastuti, Selasa (2/2/2016).

 

Dikatakan Susi, rakyat dari waktu ke waktu bisa terlihat di berbagai media antre BBM dengan jeriken dan botol air mineral. Sementara BBM Indonesia disedot ke tengah laut untuk ribuan kapal asing. Ironisnya, nelayan dari Indonesia sendiri sering tidak kebagian solar.

"Ribuan kapal asing pakai solar kita untuk mencuri ikan2 kita & nelayan2 kita sering tidak kebagian solar. Semua diambil solar & Ikan2 HABIS," tulisnya.

Gara-gara ikan-ikan dari Indonesia di curi asing, anak-anak bangsa jadi kerdil karena kurang protein. Sementara ribuan kapal asing terus mencuri hasil laut Indonesia. Menurut Susi, ribuan kapal Tramper seperti SS2 masuk 8 sampai 10 kali per tahun ke perairan Tanah Air.

Susi menegaskan, kedaulatan teritorial laut dan pangan bangsa Indonesia tidak boleh lagi diinjak-injak asing. Indonesia adalah bangsa yang besar yang sadar akan kedaulatan yang harus terus dijaga.

disadur dari situs detik finance

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...