Menu Buka Puasa Ini Mudah Membuatnya

Rusmanto
Rusmanto

Menu Buka Puasa Ini Mudah Membuatnya ilustrasi

Winnetnews.com -  Kesibukan harian mungkin membuat Anda tak punya banyak waktu untuk menyiapkan menu berbuka puasa. Padahal, saat berbuka puasa Anda harus menyiapkan makanan yang bernutrisi dan mampu mengembalikan energi dan cairan yang hilang sepanjang hari. Tenang saja, tak semua menu berbuka puasa itu ribet, kok. Yuk, simak apa saja menu berbuka puasa yang mudah dibuat di rumah.

Kreasi menu berbuka puasa yang mudah dibuat

1. Salad buah

Buah memang menjadi makanan paling pas untuk berbuka. Apalagi, pada buah-buah yang mengandung banyak air. Bukan hanya lezat di mulut, tapi juga bisa meredakan dehidrasi sekaligus. Nah, pilihan buah-buah tersebut adalah buah nanas, semangka, stroberi, mangga, dan melon. Cara membuat salad ini sangat mudah, kok. Potong daging buah menjadi lebih kecil dan tempatkan pada wadah. Kemudian, tambahkan campuran yogurt, skim milk, dan madu sebagai pengganti mayonaise.

Kandungan serat, mineral, air, dan vitamin pada salad buah ini membantu pencernaan Anda lebih baik dan membuat Anda kenyang lebih lama. Begitu juga dengan antioksidan dari stoberi dan semangka yang mendukung tubuh melawan radikal bebas.

2. Sup ayam sayur

Hampir semua orang menyukai cita rasa sup ayam yang gurih dan lezat. Selain rasanya enak, sup ayam juga mudah dan cepat dibuat. Kandungan airnya juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan Anda sekeluarga setelah seharian puasa dan tidak minum apa pun.

3. Pisang kukus vanila

Pisang bisa jadi makanan praktis dan mengenyangkan untuk berbuka. Nah, selain dimakan langsung,  Anda bisa menikmati pisang dengan cara lain tapi mudah dibuat, yaitu direbus terlebih dahulu. Tunggu dulu, tidak semua pisang akan enak rasanya jika direbus. Anda bisa memilih pisang kepok, pisang raja, dan pisang uli.

Cara membuat menu berbuka puasa ini sangat mudah, lho. Kukus pisang hingga kulit buahnya berubah menjadi cokelat. Setelah matang, buang kulitnya dan sajikan di atas piring. Tambahkan sedikit madu atau susu rendah lemak supaya lebih mantap. Anda juga bisa meanmbahkan topping keju rendah lemak di atasnya.

4. Nasi pecel

Untuk Anda yang suka makanan berat untuk berbuka puasa, nasi pecel bisa jadi menu berbuka puasa yang mudah dibuat tapi penuh gizi. Tenang saja, sekarang sudah banyak yang menjual bumbu pecel siap makan, hanya perlu diseduh air panas. Anda tidak perlu repot-repot mengulek bumbunya.

Untuk sayurnya, Anda tinggal merebus kangkung (atau bayam), taoge, dan kacang panjang. Jangan lupa lengkapi dengan timun dan kol agar lebih banyak vitamin dan mineral dalam sepiring pecel Anda. Anda juga bisa menambahkan ayam suwir rebus atau tahu dan tempe kukus sebagai sumber protein yang rendah lemak karena tidak digoreng. Nasi pecel Anda pun siap disajikan untuk berbuka.

5. Roti bakar alpukat

Jika roti gandum untuk sahur masih tersedia, tidak ada salahnya dibuat untuk makanan buka puasa. Salah satunya untuk dibuat roti bakar. Menu makanan ini bisa menambah energi Anda setelah seharian berpuasa. Nah, berbeda dari roti bakar lainnya yang cenderung memakai selai untuk menambah rasa, Anda butuh buah alpukat sebagai pengganti selai.

Caranya mudah, Anda hanya perlu menghaluskan daging buah alpukat dan menambahkan sedikit garam, madu, serta potongan kecil kacang almond. Setelah roti selesai dibakar, tambahkan selai alpukat dan potongan pisang. Roti bakar alpukat siap untuk dinikmati. Praktis, bukan?

6. Orak-arik sayur

Tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan menu buka puasa untuk keluarga? Jangan khawatir, orak-arik sayur adalah menu berbuka puasa yang mudah dibuat. Selain menawarkan vitamin dan mineral penting dari sayur, kandungan protein dari telur akan mengembalikan energi setelah seharian puasa.

Kalau Anda bosan menghidangkan orak-arik sayur dengan nasi putih, kreasikan dengan makaroni, bihun, hingga nasi merah yang tinggi serat.

7. Beef teriyaki

Kata siapa membuat beef teriyaki itu susah? Ternyata cara membuatnya sederhana, lho. Bumbu masak beef teriyaki juga sangat mudah didapatkan yaitu bawang merah, bawang putih, bawang bombai, cabai, serta tentu saja garam dan merica. Untuk sausnya, Anda hanya perlu menyediakan saus tiram dan kecap manis.

Tumis daging sapi dan bumbu sampai harum dan matang, kemudian sajikan selagi hangat saat berbuka puasa. Sebagai pemanis sekaligus penambah cita rasa, Anda juga bisa menaburi biji wijen secukupnya. Tidak serepot yang Anda bayangkan, bukan?

 

 

 


Artikel ini telah tayang di hellosehat.com dengan judul "7 Inspirasi Menu Berbuka Puasa yang Mudah Dibuat"
 

Apa Reaksi Kamu?