Menurut Ahli, Ini Nih 5 Diet Terbaik untuk Dilakukan pada Tahun 2020
Tren diet tahun 2020 yang akan menurunkan berat badan dengan cepat ( Photo Shutterstock )

Menurut Ahli, Ini Nih 5 Diet Terbaik untuk Dilakukan pada Tahun 2020

Minggu, 5 Jan 2020 | 13:26 | Muchdi

Winnetnews.com - Diet menjadi salah satu fenomena yang sedang menjamur di masyarakat seluruh dunia. Macam-macam diet muncul, ada yang aneh, tidak masuk akal, sampai yang menjanjikan hasil yang 'terlalu baik'. Namun itu semua bukanlah diet terbaik menurut para ahli.

"Kami tertarik dengan diet yang telah terbukti dapat bertahan, bukan diet yang sekedar ngetren dan besoknya hilang. Diet yang dapat bekerja dengan baik itu aman, masuk akal, dan didukung dengan ilmiah. Itulah yang akan membuatnya konsisten dari tahun ke tahun," kata Angela Haupt, managing editor kesehatan di US News & World Report, dikutip dari CNN.

Bisa dicoba, berikut adalah 5 diet terbaik untuk dilakukan di tahun 2020, menurut ahli:

1. Diet Mediterania

Diet Mediterania menekankan pola makan dengan memasak sendiri, berbasis sayur-mayur. Diet ini menjadi yang termudah untuk dilakukan, dan baik untuk pengidap diabetes. Diet ini juga memfokuskan pada pengurangan konsumsi daging merah, gula, dan lemak jenuh dan memperbanyak ikan dan minyak zaitun yang kaya akan omega 3. Bersaing dengan puasa intermiten, diet ini merajai diet terbaik di tahun 2019.

2. DASH

Diet DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension direkomendasikan bagi para pengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi. Diet ini sangat simpel: makan sayur, buah dan makanan rendah lemak lebih banyak, sekaligus mengurangi makanan yang tinggi akan lemak jenuh dan membatasi asupan garam. Studi menyebutkan menjalani diet ini bisa menurunkan tekanan darah hanya dalam hitungan minggu.

3. Diet Flexitarian

Diet flexitarian memfokuskan pada konsumsi biji-bijian utuh, buah, sayur, dan protein nabati. Pada dasarnya ini adalah diet vegetarian, namun masih memperbolehkan tambahan daging atau ikan, sehingga membuatnya 'fleksibel'.

4. MIND

Diet MIND adalah kombinasi antara Mediterania dan DASH yang mungkin lebih mudah untuk dijalani, karena membutuhkan lebih sedikit ikan dan buah. MIND alias Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay telah terbukti bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer's dalam beberapa studi.

5. Puasa intermiten

Berbeda dengan diet-diet ngetren lainnya yang berkutat di soal lemak atau karbohidrat, puasa intermiten biasanya dilakukan dengan formula 5-2 atau dua hari berpuasa dalam seminggu, 5 hari seperti biasa. Meski ada banyak debat tentang seberapa aman melakukan puasa, banyak dokter menyebut puasa intermiten lebih dari sekadar diet.

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detikHealth.com dengan judul "5 Diet Terbaik untuk Dilakukan pada Tahun 2020 Menurut Ahli"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...